Apa itu Hubungan Media atau Media Relations?

Media-Relation

Yang kita ketahui Public Relation atau humas bertugas mewakili perusahaan atau instansi dalam membangun hubungan yang baik dengan publik. Membangun hubungan ini termasuk hubungan internal dan eksternal. Terkait hubungan eksternal PR bertugas menjaga hubungan dengan segala stakeholder yang merupakan relasi diluar organisasinya. Salah satu hubungan yang wajib dibina oleh seorang PR dari sisi eksternal perusahaan adalah hubungan dengan media (media relation). Maka apa yang diaksud dengan Media Relation?

Pengertian Media Relations Menurut Ahli

Frank Jepkins menjelaskan media relations sebagai kegiatan untuk mencapai publikasi atau penyiaran semaksimal mungkin, sedangkan informasi yang disebarkan memalui PR merupakan upaya menciptakan pengenalan dan pengertian. Namun ada kalanya seorang PR membuat kegiatan yang sifatnya adalah reminder atau menjaga loyalitas dari publik.

Rosadi Ruslan menjelaskan media relations sebagai kegiatan penyampaian pesan atau informasi mengenai aktivitas secara kelembagaan maupun individu yang dipublikasikan melalui kerjasama yang dijalin oleh seorang PR dengan media. Kegiatan ini juga bertujuan untuk membentuk citra positif dan mempengaruhi persepsi publik melalui kegiatan publikasi di media.

Bisa ditarik kesimpulan bahwa Media relations merupakan bentuk strategi komunikasi seorang Public Relations dalam menjaga hubungan dengan media. Menjalin dan mempertahankan hubungan baik dengan media disini memiliki peran penting bagi seorang Public Relations. Karena media merupakan sarana publikasi, dimana segala informasi tentang perusahaan disalurkan selain itu media juga merupakan sarana untuk membangun reputasi bagi perusahaan.

Fungsi Media Relations

Adapun fungsi dari media relations diantaranya:
1)Menjalin hubungan baik antara perusahaan/instansi dengan media
2) Mendekatkan diri dengan media sehingga ada kemudahan akses dalam publikasi
3) Kekuatan efektif dalam menyebarluaskan informasi, mengenalkan, atau menjaga loyalitas publik
4) Media yang efektif untuk membentuk opini publik
5) Meningkatkan fungsi publisitas di media

Kegiatan Media Relations

Berbagai kegiatan media relation dapat dilakukan melalui berbagai cara. Sebagai seorang PR harus dapat melakukan kegiatan ini baik dalam kerangka formal dan informal.

1.Kontak Pribadi. Sebagai seorang PR kita dapat melakukan kontak pribadi sebagai perwakilan dari perusahaan kepada media dalam menjalin hubungan baik formal maupun nonformal.
2. Pelayanan Informasi Berita. Merupakan upaya pemberian informasi berita baik secara tertulis, atau cetak ( press release ) maupun rekaman video yang diberikan ke media
3. Antisipasi penanganan darurat. Sebagai professional kita harus siap melayani media (wawancara , konfirmasi dan press conferencen ) setiap saat. Adakalanya wartawan mengkontak pada saat darurat dan mendadak.
4. Media Monitoring. Aktivitas yang dilakukan perusahaan/organisasi untuk memantau berita/isu yang terdapat di dalam media.
5. Media Clipping. Aktivitas mengumpulkan berita-berita penting dari media massa yang diarsipkan sebagai bahan informasi oleh perusahaan.
6. Press Gathering. Acara pertemuan antara pers dengan organisasi dengan suasana santai dan menghibur. untuk mempererat hubungan organisasi dengan media.

Oleh sebab itu Kunci dari kegiatan media relations adalah konsistensi. Public Relations harus selalu memberikan informasi kepada media secara rutin dan haruslah sering mengadakan pertemuan untuk sekedar sharing santai bersama para media. Karena bagaimanapun juga media relations ini merupakan startegi yang dilakukan oleh PR dalam membangun dan mempertahankan reputasi perusahaan. Oleh karenanya setiap aktivitas yang telah dilaksanakan perlu dievaluasi. Proses evaluasi dilakukan untuk mengetahui apa yang kurang dan sebaiknya dipertahankan dari kinerja yang telah dilakukan.

Sumber

Mbakjhe. 2019. Membangun media relations. Kelas Komunikasi.

Pengertian Media Relations
Upaya menjalin pengertian dan hubungan baik, yang dilakukan oleh suatu perusahaan atau organisasi, dengan media massa dalam rangka pencapaian publikasi organisasi secara maksimal serta berimbang.

Secara sederhana media relations adalah hubungan setara atau hubungan timbal balik antara lembaga atau perusahaan dengan media massa, dalam makna seluas-luasnya. Hubungan ini mencakup hubungan antara tim PR (public relations) perusahaan dengan jajaran redaksional media massa (mulai dari wartawan, redaktur, dan pemimpin redaksi), jika memungkinkan sampai ke pemilik media massa, dengan tujuan agar seluruh publikasi lembaga dapat ditayangkan atau disiarkan pada media massa tersebut.

Manfaat Media Relations
Menurut Nova (2011: 207) terdapat beberapa hal penting yang perlu diketahui tentang manfaat media relations tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Membangun pemahaman mengenai tugas dan tanggung jawab organisasi dan media massa.
  2. Membangun kepercayaan timbal balik dengan prinsip saling menghormati dan menghargai serta kejujuran dan kepercayaan.
  3. Penyampaian atau perolehan informasi yang akurat, jujur, dan mampu memberikan pencerahan bagi publik.

Media massa merupakan salah satu alat komunikasi yang dipercayai oleh sebagian besar masyarakat, maka setiap lembaga atau perusahaan, seharusnya mampu menjalin hubungan yang baik dan intens dengan media massa, sekalipun perusahaan atau lembaga tersebut memiliki track record media sosial yang baik.

sumber : Sambo, M. (2019). Media Relations Kontemporer: Teori dan Praktik . Prenada Media.