Apa yang kamu ketahui tentang Golden Raspberry?

Golden Raspberry

Golden Raspberry termasuk salah satu dari penghargaan yang ada di dunia film. Apa yang kamu ketahui tentang Golden Raspberry?

Selain piala Oscar di Hollywood dikenal juga penghargaan Raspberry atau razzie award. Penghargaan ini lebih dikenal dengan penghargaan aktor terburuk.

Pemenang akan diberikan piala plastik berbentuk raspberry dan roll film berbahan plastik dengan harga $4.89. Penghargaan ini digagas oleh John Wilson tahun 1980. Razzie diadakan sebagai bentuk “perlawanan” terhadap Oscar. Diadakan setiap tahun di Los Angeles, biasanya sehari setelah malam puncak Oscar diselenggarakan.

Piala Razzie ini bentuknya menyerupai bola golf berukuran besar yang diletakkan di atas gulungan film berukuran 8 mm dan seluruhnya berwarna emas. Biaya pembuatan piala ini cuma 4.79 $.

Razzie pertama kali diselenggarakan pada 31 Maret 1981, di ruang tamu John J.B Wilson di Los Angeles, 3 jam setelah perhelatan Oscar ke 53 selesai diselenggarakan. Sedangkan perhelatan terakhir, yang ke 32, diselenggarakan di Magiopolis, Santa Monica pada tanggal 1 April 2012.

Berikut cara penjuriannya :

Anggota berbayar di situs resmi Golden Raspberry Award Foundation berhak menentukan pemenang. Pendaftaran dapat dilakukan melalui situs www.razzies.com. Sejak tahun 2009, pemenang juga ditentukan oleh para wartawan, penggemar bioskop dan 35.000 pemilih di laman situs kritik film Rotten Tomatoes serta para kritikus film yang berasal dari 45 negara bagian di Amerika Serikat dan 19 negara lainnya.