Apa itu GMT pada Jam Tangan? Yuk Kenali | Denvosi

Denvosi - GMT merupakan singkatan dari Greenwich Mean Time. Nah, Greenwich Mean Time sendiri merupakan sistem standar waktu internasional yang diciptakan untuk mengetahui perbedaan waktu antar negara di dunia berdasarkan letak geografisnya. Pada tahun 1884, sebuah kongres internasional memutuskan untuk menetapkan kawasan Greenwich di London, Inggris sebagai “titik nol” atau “titik pusat” untuk membagi waktu dunia menjadi dua zona waktu yang berbeda.

Ini karena Greenwich diyakini sebagai titik pada bujur 0° Bumi (biasanya disebut Meridian Utama atau Meridian Greenwich).

Itulah sebabnya Anda dapat menemukan sebuah observatorium bernama Royal Observatory di Greenwich, London, dengan sebuah jam besar yang disebut Jam Gerbang Gembala.

Jam tangan Denvosi dengan GMT

Denvosi adalah merek jam tangan asli Indonesia dengan banyak pilihan. Dari jam tangan eksklusif pria hingga jam tangan wanita bertatahkan berlian. Denvosi juga menawarkan berbagai pilihan warna dan desain menarik yang cocok untuk acara formal maupun informal.

“Denvosi adalah kebanggaan nasional. Tingkatkan partisipasi Anda dalam acara Denvosi resmi dan informal,” kata Enda, Manajer Pemasaran Denvosi.

Yang lebih menarik lagi adalah Denvosi menawarkan garansi dua tahun kepada pembelinya. Selain itu, brand dengan slogan “Kekuatan Indonesia di dunia” ini menawarkan layanan penukaran mata uang per jam dengan jenis lainnya. Layanan penukaran jam tangan ini ditawarkan selama dua tahun sejak tanggal pembelian.

Pemilik jam tangan berhak menukar jam tangan mereka dengan jam tangan jenis lain. Dengan menggunakan jasa tukar jam, pembeli hanya membayar selisih harga antara kedua jam tangan tersebut.

Waktu yang ditunjukkan oleh jam di Gerbang Gembala adalah standar “waktu” yang paling penting di dunia. Dengan GMT, kita dapat lebih mudah mengetahui waktu di berbagai negara:

-. Negara-negara yang mengikuti GMT (UK) memiliki waktu yang sama dengan GMT (biasanya disebut GMT 0). Contoh: Burkina Faso, Togo, Ghana, Islandia, dll.

-. Di negara-negara timur GMT (UK) waktunya lebih cepat dari GMT (setiap 15° adalah perbedaan 1 jam). Biasanya dilambangkan dengan GMT. Contoh: Indonesia (GMT 7): artinya waktu Indonesia lebih cepat 7 jam dari waktu London.

-. Di negara-negara barat GMT (Inggris Raya) waktu lebih lambat dari GMT (setiap 15° adalah 1 jam lebih lambat). GMT biasanya dilambangkan dengan -. Contoh: New York (GMT -5) => berarti waktu New York lebih lambat 5 jam dari waktu London. Namun, sistem pembagian waktu

GMT sebenarnya sudah usang sejak tahun 1972 dan digantikan oleh standar waktu internasional baru, yaitu Coordinated Universal Time (UTC).

Jadi apa itu GMT?

Penggemar jam tangan mungkin terbiasa menemukan jam tangan yang menawarkan fungsi atau komplikasi GMT. Pertanyaannya adalah, apa hubungan antara jam GMT dan Sistem Waktu Greenwich? Lalu apa fungsi dari fungsi GMT jam tangan tersebut?

Seperti namanya, jam tangan GMT adalah jenis jam tangan yang dilengkapi dengan fungsi yang bisa tampil 2-3 kali di zona waktu yang berbeda dalam waktu yang bersamaan. Fungsi GMT memungkinkan Anda untuk melihat waktu di zona barat dan timur dari garis GMT dengan satu jam.

Karena jam GMT menunjukkan zona waktu di tempat yang berbeda, itu awalnya identik dengan penerbangan dan profesi pilot. Rolex adalah merek pertama yang membuat jam tangan GMT pada 1950-an melalui seri Rolex GMT-Master.

Seri ini dibuat oleh Rolex khusus untuk maskapai penerbangan Amerika Pan Am, yang ingin melengkapi semua pilotnya dengan jam tangan yang dapat menunjukkan waktu di dua zona waktu yang berbeda.

Oleh karena itu, jika seorang pilot terbang ke dan dari suatu negara dengan zona waktu yang berbeda, ia akan tetap mengetahui kedua waktu tersebut dalam waktu yang bersamaan.

Fitur yang paling menonjol dari jam tangan GMT adalah bahwa ia memiliki total 4 jarum jam (3 jarum normal untuk menunjukkan jam, menit dan detik dan 1 jarum tambahan untuk menunjukkan waktu di zona yang berbeda).

Selain itu, fitur lain dari jam tangan GMT adalah bahwa mereka memiliki indikator numerik lain selain 1-12 jam yang biasa kita temukan di jam tangan konvensional. Jam tangan GMT memiliki tampilan 24 jam, biasanya terletak di bezel atau subdial.

Indikator 12 jam pada dial utama menunjukkan zona waktu Anda berada, sedangkan indikator 24 jam pada bezel atau sub-dial menunjukkan waktu di zona lain. ***