Apa itu Gambar Teknik? Perlukah Gambar Teknik di Bidang Keilmuan Material dan Metalurgi?

Gambar teknik adalah gambar yang dibuat dengan menggunakan cara-cara, ketentuan-ketentuan, dan aturan-aturan yang telah disepakati bersama oleh para ahli teknik.

Setiap gambar itu memiliki maksud dan tujuan masing-masing, tapi dimana setiap gambar itu akan berbeda fungsi dan tujuan, namun secara garis besar, fungsi dan tujuan gambar teknik adalah sebagai berikut:

  1. Penyampaian Informasi.
  2. Penyimpanan dan penggunaan keterangan (data teknis).
  3. Cara-cara pemikiran (perencanaan) data penyiapan informasi.

ESENSI GAMBAR TEKNIK
Mengapasih harus ada Gambar Teknik? Gambar teknik di industri biasa di sebut gambar kerja yang biasanya di buat oleh Drafter dan disetujuai oleh supevisor lapangan. isi gambar kerja biasanya menyakup tentang gambaran pekerjaan keseluruhan, dari gambaran umum sampai ke gambaran detailnya dan urutan atau prosedur pekerjan. keuntungan dari adanya gambar adalah

  1. Kita (engineer) dapat menuangkan ide gagasan dan pemikiran pada sebuah bentuk objek (berupa gambar) sehingga engineer lebih mudah untuk mengembangkan gagasannya. kita lebih mudah untuk membayangkan benda nyata yang natinya akan kita buat sebagai bahasa atau alat komunikasi antara engineer kepada teknisi (pekerja). bayangkan jika di suatu pabrik yang bising dan telinga kita disumbat dengan ear plug, tentu kita tidak bisa berkomunikasi lancar dengan rekan kerja kita kan?
  2. Media informasi pekerjaan sehingga meminimalisir misscommunication (jadi teknisi tidak perlu lagi mondarmandir banyak pertanya kepada atasannya mengenai gambaran pekerjaa yang dilakukan).
  3. Sebagai dokumentasi karena setelah pekerjaan selesai gambar dapat di simpan sebagai dokumen untuk kepentingan perusahaan entah untuk kepentingan maintenance ataupun membuat pekerjaan yang sama pada waktu yang akan datang.

Gambar Teknik juga dipelajari pada bidang Material dan Metalurgi sebab ilmu ini memerlukan aplikasi dari gambar teknik untuk melakukan pekerjaannya. Seperti contoh, mahasiswa di Teknik Material dan Metalurgi ITS juga mempelajari mengenai gambar teknik karena memang diperlukan di dunia industri. Seorang engineer Material dan Metalurgi juga harus paham mengenai gambar teknik untuk mendukung saat bekerja di lapangan.

Sumber : https://materialmetalurgiku.blogspot.com/2016/03/menggambar-teknik.html?m=1

apa saja yang diperlukan sebagai teknik dasar dari gambar teknik tersebut? apakah sebuah ide selalu harus di tuangkan dengan gambar teknik?

Izin bertanya.

  1. Apa saja yang perlu dipelajari dari menggambar teknik? Apa kita perlu seperti seorang teknil sipil dalam menggambar secara detail?
  2. Apakah sebegitu esensial mata kuliah menggambar teknik untuk teknik metalurgi?
1 Like

Penggunaan software apa saja yang digunakan dalam menggambar gamtek di metalurgi ? apakah bisa diberikan nama nama softwarenya yang umum dipakai

Izin bertanya, apakah semua teknik harus disertai dengan gambar?, dan bagaimana jika bangunan yang telah jadi tidak sesuai ekspektasi dengan ada yang di gambar teknik?

apakah gambar teknik itu seperti melambangkan sebuah sinyal dalam dunia pekerjaan contoh ada beberapa gambar yang memiliki arti sendiri dan semua orang tau terhadap makna dari gambar tersebut sehingga komunikasi lebih mudah di dunia kerja dibidang industri

Izin menjawab kak. Jadi di gambar teknik pada jurusan Teknik Material dan Metalurgi hanya sebatas gambar teknik dasar tidak begitu detail seperti yang dipelajari oleh Teknik Sipil. Namun sebagai seorang engineer tetap harus mengerti cara membaca gambar karena engineer berkomunikasi dengan teknisi melalui gambar. Kalau tidak bisa membaca gambar maka tidak akan dapat berkomunikasi dan merealisasikan maksud dari gambar tersebut.

Pada umumnya di Departemen Teknik Material dan Metalurgi ITS menggunakan autocad, namun untuk tugas besar yang diberikan tetap dikerjakan secara manual untuk saat ini.

Izin menjawab kak, kalau di ITS sendiri, hampir seluruh jurusan dengan “Teknik” pasti terdapat mata kuliah gambar teknik, namun ada juga yang tidak mendapatkan mata kuliah gambar teknik, seperti teknik informatika dan lainnya.
Untuk kesesuaian hasil dengan gambar seharusnya sesuai. Namun di Teknik Material dan Metalurgi ini gambar teknik lebih terfokus pada gambar mesin beserta komponennya, bukan mengenai gambar bangunan atau gedung.

Izin menjawab kak. Jadi memang seorang engineer dituntut untuk dapat memahami gambar teknik karena antara engineer dengan teknisi di lapangan biasanya berkomunikasi melalui gambar teknik yang digunakan. Namun bentuk gambar teknik ini tidak semua orang dapat membacanya, jika tidak pernah mempelajari gambar teknik.

Teknik dasar yang diperlukan untuk menggambar teknik, yaitu perlu memahami dimensioning, teori proyeksi, dan teori-teori gambar teknik yang lainnya.
Untuk memudahkan komunikasi antarengineer maka seorang engineer harus memahami gambar teknik agar dapat berkomunikasi dan tidak terjadi kesalahpahaman dalam membaca gambar.

Izin bertanya, apakah gambar teknik yang dipelajari di perkuliahan sudah link and match dengan kebutuhan industri? perlukah untuk memperluas wawasan gambar teknik dengan belajar sendiri?

Gambar teknik dikatakan sebagai alat komunikasi karena secara umum, gambar teknik tidak sembarang orang bisa membuatnya. Perlu keahlian di bidang teknik yaitu perencana atau desainer untuk menleaskan secara detail tentang bagaimana obyek bisa terbentuk. Mulai dari bentuk secara 2 dimensi diikuti dengan ukuran-ukurannya sampai dengan gambar 3 dimensi agar lebih mudah dipahami oleh pelaksana atau orang yang akan membuat gambar itu menjadi nyata.

CIRI-CIRI GAMBAR TEKNIK

Ciri-ciri Gambar Teknik Manufaktur diantaranya adalah :

  1. Memiliki Skala tercantum didalamnya, agar kita mengetahui perbandingan ukuran aslinya.
  2. Memiliki dimensi, bisa dua atau tiga dimensi.
  3. Memiliki detail dari gambar utama. agar pelaksana lebih mudah mengetahui bentuk aslinya.
  4. Terdapat perbedaan garis, yang memiliki arti tersendiri.
  5. Setiap item pada gambar, memiliki nama sendiri.
  6. Mempunyai keterangan dan spesifikasi pada bagian element tertentu.

Drafter adalah orang yang bekerja membuat gambar (kasarnya sih tukang gambar). Mereka membuat atau menyiapkan gambar-gambar kerja teknik, sehingga gambar tersebut dapat dengan jelas dan mudah dimengerti orang lain dan mudah dalam proses pembentukan obyek gambar tersebut. Biasanya drafter dibutuhkan dalam bidang pekerjaan manufaktur, mulai dari produksi mainan anak-anak, mesin-mesin industri, bangunan sipil, hingga pesawat terbang.

Kak saya mau bertanya, Dibutuhkan berapa lama sih untuk menguasai gambar teknik itu? Terima kasih kak

AutoCad kak yang sering di pakai di engineering kak bisa juga pakai SketchUp untuk pemahaman memang lebih mudah SkethUp dibanding AutoCad tetapi untuk ketelitian AutoCad lebih bagus

Izin menjawab kak :slight_smile: karena teknik material dan metalurgi basicnya adalah “teknik” dan peelu mempelajari gambar teknik, oleh karena itu pasti di industri, seorang engineer juga dituntut kemampuan untuk memahami gambar teknik. Misalnya, dalam pembuatan produk seperti mesin dan sebagainya, maka sebagai proses awalnya diperlukan suatu gambaran bentuk mesin tersebut yang dituangkan dalam suatu gambar yang sesuai dengan teori gambar teknik agar mudah dipahami oleh seluruh engineer.

Izin menjawab kak. Untuk perlu memahami semua teori dalam gambar teknik waktu yang diperlukannya tergantung pribadi masing-masing kak. Tetapi kebanyakan mata kuliah gambar teknik yang diberikan di perguruan tinggi hanya satu semester (3 sks). Namun dalam waktu satu semester ini, menurut saya belum cukup untuk benar-benar memahami dan menguasai teori gambar teknik.