Apa yang dimaksud dengan Freckles?

freckles

Banyak orang berkulit putih memiliki bintik-bintik kecil berupa freckles. Ini merupakan bintik kecil melanin di kulit yang biasa timbul pada orang berkulit putih. Salah satu penyebab timbulnya freckles dipengaruhi paparan sinar matahari. Namun ternyata masih banyak orang yang belum mengetahui betul informasi seputar freckles, sehingga mencari jawaban atas pertanyaan ini.

1 Like

Freckles adalah kumpulan kluster melanin yang terkonsentrasi pada lapisan epidermis kulit dengan penyebaran yang berkelompok. Pada dasarnya freckles terdiri dari dua jenis, yaitu :

  1. Ephelides ini yang sering muncul pada wanita Kaukasian yang kulitnya putih. Orang yang rambutnya merah pun cenderung memiliki jenis freckles ephelides lebih banyak.

  2. Lentigo adalah bintik yang warnanya lebih gelap dan tidak memudar walau tidak terpapar sinar matahari.

Meskipun tidak ada manusia yang lahir dengan freckles, tapi freckles bisa timbul karena faktor genetik yang mengatur warna kulit dan rambut, atau biasa disebut dengan gen MC1R. Umumnya tampilan freckles sudah dapat terlihat pada anak usia 1-2 tahun, khususnya di area wajah, bahu dan lengan. Selain dari itu, faktor paparan sinar matahari yang berlebihan dan dalam jangka waktu panjang, serta penggunaan obat hormonal juga dapat memicu timbulnya freckles.

Kehadiran freckles juga bisa menjadi indikator dalam mengukur seberapa sensitif kulit Anda terhadap paparan sinar matahari. Jadi jika wajah Anda menampilkan freckles saat berada di bawah sinar matahari, sebaiknya lakukan pencegahan dengan memanfaatkan sunscreen sebagai perlindungan. Tapi perlu diperhatikan juga, jika warna freckles nampak semakin gelap dan ukurannya terus membesar sebaiknya segera konsultasikan hal ini dengan dermatologis.

Freckles Dapat Dicegah


Meskipun dapat menjadi daya tarik tersendri, tapi tak sedikit wanita yang ingin mencegah tampilan freckles muncul di wajah, khususnya bagi mereka yang memiliki freckles secara genetik. Ada berbagai hal yang bisa dilakukan untuk mencegah tampilannya, seperti penggunan sunscreen sebelum Anda pergi keluar rumah, atau menghindari matahari dari pukul 10 siang hingga 4 sore. Sedangkan jika ingin memudarkan secara permanen, Anda bisa mencoba berbagai hal seperti bleaching, cryosurgery, laser maupun melakukan chemical peeling yang tentunya harus dikonsultasikan terlebih dulu dengan dokter kulit.

Tampilan Freckles akan Berubah Secara Alami


Sebenarnya tampilan freckles di wajah dapat berubah secara alami, hal ini terjadi karena kondisi freckles sangat dipengaruhi oleh kondisi cuaca. Bagi mereka yang tinggal di wilayah empat musim, tampilan freckles akan tampak jelas saat memasuki musim panas, sedangkan di musim dingin tampilan freckles dengan sendirinya akan memudar.

Referensi

https://journal.sociolla.com/beauty/5-fakta-tentang-freckles/

freckles

Bintik-bintik yang muncul di wajah atau biasa disebut sebagai freckles sedang menjadi sebuah tren yang sangat digandrungi oleh kaum pria maupun wanita saat ini. Bahkan banyak makeup artist papan atas membuat freckles dari riasan wajah untuk tampilan awet muda. Freckles tidak hanya akan membuat Anda tampak menonjol, namun sebenarnya ada alasan yang menarik di balik munculnya freckles pada wajah seseorang.

Anda tidak perlu khawatir, melanin adalah protein yang menghasilkan warna kulit, mata, dan rambut Anda, sehingga jika ia diproduksi terlalu berlebihan, akan menjadi bintik-bintik atau freckles. Hal ini juga dapat menjelaskan mengapa freckles muncul pada saat wajah terpapar sinar matahari terlalu lama.

Namun, bukan berarti bahwa freckles adalah penanda bahwa Anda telah berada di bawah paparan sinar matahari terlalu lama. Faktanya, freckles dapat menjadi tabir surya alami yang melindungi kulit Anda dari sinar UV. Sekali lagi, bukan berarti Anda diperbolehkan tidak menggunakan sunscreen ber-SPF. Tidak peduli apapun yang terjadi, sunscreen adalah sesuatu yang sangat penting untuk kulit wajah Anda.

Freckles muncul dan hilang tergantung pada seberapa banyak wajah Anda terpapar sinar matahari. Inilah sebabnya, terkadang pada beberapa orang, freckles justru menghilang di musim dingin.

Referensi

Freckles Muncul di Wajah Karena Alasan Ilmiah, Simak di Sini - Fashion & Beauty Liputan6.com