Apa itu Ekokardiografi dalam kedokteran?

Dalam kedokteran terdapat istilah Ekokardiografi. Untuk apa Ekokardiografi itu?

Ekokardiografi adalah sebuah alat yang dapat mengeluarkan gelombang suara ultrasonik atau USG untuk menilai jantung. Ekokardiografi dapat menilai struktur dan fungsi jantung dengan akurat. Namun, Sobat harus membedakan ekokardiografi ini dengan elektrokardiografi atau yang sering disebut EKG atau rekam jantung. Keduanya memiliki fungsi dan indikasi yang berbeda dan tak jarang saling melengkapi.

Dengan ekokardiografi, kita dapat menilai fungsi dan struktur jantung secara langsung atau real-time. Dengan alat ini kita dapat melihat apakah fungsi jantung baik -apalagi jika pasca serangan jantung, bagaimana gerakan katup jantung, bagaimana dinding jantung, dan bagaimana aliran cairan yang mengalir di ruangan jantung.

Alat ekokardiografi terdiri dari probe yang akan disentuhkan ke tubuh, kemudian terhubung dengan kabel, dan masuk ke dalam mesin yang berlayar. Probe ini pertama akan mengeluarkan gelombang suara ultrasonik yang akan masuk ke dalam tubuh dan memantul lagi dan akhirnya diinterpretasi atau diubah ke dalam bentuk gambar di layar mesin.

Prosedurnya Anda akan diminta untuk membuka pakaian dari dada sampai ke pinggang dan kemudian berbaring di kasur. Dokter akan menaruh probe di atas dada yang telah diberi jeli. Alat probe ini berbeda dengan USG perut atau rahim, probe pada ekokardiografi lebih kecil. Jeli ini dimaksudkan agar alat probe dapat menempel dengan baik pada kulit sehingga gambar yang didapat akan maksimal.
Dokter akan menggerakkan probe untuk mendapat tampilan yang diperlukan dalam menilai fungsi dan struktur jantung.

Biasanya hasil ekokardiografi dapat langsung didapat oleh dokter yang melakukan prosedur ini. Hasil yang dianggap bermakna akan dicetak dalam bentuk foto sebagai dokumentasi.

Sumber : Ekokardiografi - TanyaDok.com