© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Apa itu Doktrin Truman atau Truman Doctrine ?

Doktrin Truman

Doktrin Truman adalah kebijakan yang ditetapkan oleh Presiden AS Harry S. Truman pada 12 Maret 1947 yang menyatakan bahwa AS akan mendukung Yunani dan Turki dengan bantuan ekonomi dan militer untuk mencegah mereka jatuh ke dalam lingkup Soviet.

Apa itu Doktrin Truman atau Truman Doctrine ?

Doktrin Truman atau Truman Doctrine merupakan sebuah doktrin yang diartikulasikan oleh Presiden Harry S Truman yang menjanjikan dukungan Amerika untuk semua “masyarakat bebas” yang memerangi agresi Komunis dari sumber-sumber asing atau domestik. Truman mengumumkan doktrin pada tahun 1947, kemudian meyakinkan Kongres untuk memberikan Yunani dan Turki $ 400 juta untuk membantu memerangi pemberontak pro-Soviet. Selain melakukan Amerika Serikat terhadap kebijakan pengungkung, bahasa Doktrin Truman itu sendiri membantu mencirikan Perang Dingin sebagai konflik antara yang baik dan yang jahat.

Doktrin Truman ( Truman Doctrine )

  • Program bantuan Doktrin Truman ( Truman Doctrine ) merupakan ide atau konsep dari presiden Harry S. Truman yang ditujukan untuk negara Turki dan Yunani. Program bantuan ini berupa bantuan pembangunan ekonomi untuk kedua negara. Program bantuan ini disampaikan presiden Harry S. Truman di depan konggres Amerika pada tanggal 12 Maret 1947. Pidato presiden Harry S. Truman merupakan suatu bentuk himbauan yang ditujukan kepada para anggota konggres bahwa Turki dan Yunani sangat membutuhkan bantuan ekonomi dari Amerika Serikat.

Pidato yang disampaikan oleh presiden Harry S. Truman tersebut berbunyi sebagai berikut :

Bangsa-bangsa di sejumlah negara di dunia belum lama ini memiliki rezim totaliter yang berlawanan dengan keinginan mereka. Dalam sejarah dunia hampir setiap bangsa memilih cara hidupnya. Pilihan terlalu sering diambil tidak dengan bebas. Satu cara hidup harus didasarkan atas keinginan mayoritas dan dipilih melalui institusi-institusi yang bebas, pemerintahan yang representatif, pemilihan-pemilihan yang bebas, jaminan kemerdekaan individu, kebebasan berbicara dan kebebasan beragama serta bebas dari penindasan politis. Cara hidup yang kedua didasarkan atas keinginan suatu kelompok minoritas yang dengan paksa diberlakukan atas kelompok mayoritas. Cara ini mengandalkan teror dan penindasan, pers dan radio yang diawasi, pemilihan-pemilihan umum yang sudah ditentukan dan tekanan atas kemerdekaan pribadi. Saya yakin bahwa haruslah menjadi kebijakan Amerika Serikat untuk mendukung bangsa-bangsa yang menentang penaklukan oleh minoritas bersenjata atau oleh tekanan dari luar. Saya yakin bahwa kita harus menolong bangsa-bangsa yang bebas untuk menentukan nasib sendiri dengan cara mereka sendiri.

download%20(1judj

  • Pernyataan di atas kemudian dikenal dengan Doktrin Truman ( Truman Doctrine ). Doktrin ini kemudian menjadi landasan baru baik di bidang politik maupun bidang ekonomi Amerika Serikat dalam mempersempit gerak perluasan paham komunis. Kemudian Presiden Harry S.Truman menindaklanjuti pidatonya tersebut dengan mengusulkan kepada Kongres agar mengesahkan suatu rencana pemberian bantuan dana yang ditujukan untuk membantu Yunani dan Turki keluar dari tekanan kelompok komunis di wilayah tersebut dan dapat membangun kembali negaranya dari keterpurukan dalam bidang ekonomi. Akhirnya bantuan dana sebesar $400.000.000 disalurkan Amerika Serikat untuk membantu Yunani dan Turki. Dalam usahanya melawan gerakan kelompok komunis yang ingin menggeser kekuatan Amerika Serikat di kedua negara tersebut.

  • Pertimbangan presiden Harry S. Truman untuk menyalurkan bantuan ekonomi untuk kedua negara tersebut ialah pasca perang dunia kedua, fasilitas umum yang dimiliki oleh kedua negara tersebut seperti jalan raya, jalan kereta api, pelabuhan, jaringan komunikasi dan kapal-kapal barang hancur. Bukan hanya itu saja, lebih dari 1000 desa mengalami kehancuran serta melenyapkan hampir semua ternak unggas dan binatang penarik beban. Hal itu menyebabkan timbulnya inflasi besar-besaran dan menghabiskan semua tabungan mereka untuk memenuhi kebutuhan hidup.

  • Yunani sama sekali tidak memiliki dana untuk membiayai impor barang-barang yang diperlukan. Dengan kondisi yang kurang menguntungkan tersebut, masyarakat Yunani tidak mungkin dapat mengalami kemajuan dalam memecahkan masalah pembangunan kembali negara mereka. Yunani sangat membutuhkan bantuan keuangan untuk membeli kebutuhan pangan, sandang, bahan bakar dan bibit tanaman. Hal ini sangat jelas diperlukan oleh masyarakat Yunani guna menyambung hidup dan mempertahankan hidup. Semua barang-barang yang diperlukan tersebut hanya dapat diperoleh dari bantuan luar negeri. Bantuan ekonomi atau finansial harus diberikan kepada Yunani untuk mengimpor barang yang diperlukan agar dapat memulihkan kembali perekonomiannya.

  • Untuk mempertahankan Yunani sebagai negara yang bebas dan berdiri sendiri, maka Amerika Serikat berkewajiban memberikan bantuan seperti makanan dan keuangan. Bantuan yang diberikan tersebut sangat bermanfaat untuk memulihkan keadaan ekonomi Yunani. Amerika Serikat merupakan satu-satunya negara yang bersedia dan mampu memberikan bantuan ekonomi kepada negara Yunani yang merdeka.63 Pemerintah Inggris pernah membantu Yunani, tetapi tidak dapat melanjutkan lagi bantuankeuangan atau ekonominya sesudah 31 Maret 1946. Hal itu disebabkan Inggris sendiri merosot perekonomiannya dan mengharuskan untuk mengurangi atau menghapuskan komitmennya membantu negara-negara dunia ketiga khususnya Yunani.

  • Di samping negara Yunani, negara Turki juga perlu mendapatkan perhatian dari Amerika Serikat sebab letaknya berdekatan dengan Yunani. Turki sebagai negara yang merdeka dan memiliki perekonomian yang kuat perlu dipertahankan. Pada waktu perang dunia kedua, Amerika Serikat dan Inggris pernah memberikan bantuan keuangan dan material pada negara Turki dengan tujuan untuk melaksanakan modernisasi. Akan tetapi Inggris kemudian mengundurkan diri karena di dalam negeri Inggris sendiri sedang mengalami kesulitan ekonomi. Dengan keadaan ini maka Amerika Serikat menjadi satu-satunya negara yang masih mampu dan bersedia dengan tangan terbuka untuk memberikan bantuan kepada negara Yunani dan Turki.

  • Pertimbangan Amerika Serikat memberikan bantuan keuangan dan bahan makanan terhadap Yunani dan Turki adalah wujud kepedulian terhadap kemanusiaan. Bantuan ekonomi ini diharapkan mampu menciptakan sistem perekonomian yang kuat dan teratur bagi negara Yunani dan Turki. Oleh sebab itu tindakan pemerintah Amerika Serikat diwujudkan dalam bentuk penyaluran dana bantuan keuangan kepada Yunani sebesar 300 juta dan Turki sebesar 100 juta. Jumlah total bantuan keuangan yang diberikan kepada Yunani dan Turki adalah sebesar $ 400 juta yang mulai dilaksanakan pada tanggal 30 Juni 1948.64 Dengan adanya bantuan tersebut, Amerika Serikat berharap bahwa kedua negara tersebut dapat membangun kembali perekonomiannya.

Ringkasan

Walter S. Jones, Logika Hubungan Internasional Persepsi Nasional 1 , Jakarta, PT.Gramedia Pustaka Utama, 1992.

Alloway David, Economic History Of The United States , Monarch Press, 1966.