Apa itu Cyber Public Relations?

humas-public-relations-pr
Dalam dunia Public Relations, perkembangan teknologi komunikasi ini melahirkan alat atau media baru bagi Public Relations dalam menjalin hubungan dengan publiknya. Kondisi ini kemudian memunculkan istilah baru dalam dunia Public Relations, istilah baru tersebut adalah Cyber Public Relations. Apa itu Cyber Public Relations?

Pengertian Cyber Public Relations

Cyber Public Relations adalah penerapan dari perangkat ICT (Information and Communication Technologies) untuk keperluan Public Relations dalam membangun merek ( brand ) organisasi kepada publik atau khalayak dan dapat dilakukan secara one-to–one relations yang bersifat interaktif. Ditengah persaingan global, pemanfaatan jaringan internet akan menambah variasi media penyampaian informasi kepada publik. Praktek Cyber Public Relations yang sangat lekat dengan teknologi canggih yang diyakini akan berhasil mendekati pasar intelektual dan kaum muda. Tak hanya itu Cyber Public Relations juga dianggap efektif dalam melakukan komunikasi dan kegiatan sarana promosi dan pencitraan korporat dengan biaya murah dan cepat sampai ke publik melalui media berbasis internet (Cyber Public Relations N.p Binus University, 2018).

Julius Bob Onggo kemudian menyampaikan beberapa strategi dalam menggapai publisitas melalui internet. Publisitas tersebut diantaranya adalah publisitas melalui email, publisitas melalui kartu nama elektronik, publisitas lewat autoresponder, publisitas melalui komunitas online, publisitas melalui milis ( mail list ), serta publisitas melalui ezine ( electronic newsletter ).

Alasan mengapa harus Cyber Public Relations

Pada era modern ini, hampir semua pembisnis menggunakan Cyber Public Relations mengingat Cyber Public Relations dapat memanfaatkan semua media elektronik khususnya Internet dalam proses pembangunan hubungan antara bisnis didalam perusahaan dengan publik. Melalui media internet yang sifatnya interaktif inilah menjadi suatu strategi yang efektif untuk membangun hubungan sebuah perusahaan agar lebih dikenal oleh publik.

Cyber Public Relations tidak dapat dihindari lagi!
Mengingat Internet telah dimanfaatkan oleh semua pihak termasuk PR karena media ini memang sudah menjadi media yang digunakan hampir semua orang dan tak dapat dihindarkan. Itulah sebabnya Cyber Public Relations tidak dapat dielakkan. mau tidak mau semua pelaku PR harus serius melakukan Cyber Public Relations dan jangan ragu untuk terjun ke internet, dengan begitu perusahaan anda secara otomatis menjadi bagian dari suatu Cyber Public Relations. Namun, begitu pelaku PR menggunakan media internet ini apapun kegiatan, karakter, bahkan reputasi perusahaannya dapat dilihat langsung oleh siapapun mulai dari pelanggan, investor, wartawan, bahkan kompetitor perusahaan anda. Jadi, baik atau buruknya reputasi anda dapat saja terjadi. maka maksimalkan media internet ini untuk membangun citra perusahaan yang baik.

Manfaat Cyber Public Relations

Berdasarkan buku Cyber Public Relations yang disusun oleh Julius Bob Onggo menjelaskan bahwa PR melalui media internet memiliki peranan yang lebih besar dan luas dibandingkan dengan PR di dunia fisik. Jika PR offline, Anda akan mengunjungi seorang perantara yang disebut reporter atau editor dalam menyampaikan pesan korporat untuk ditampilkan di media cetak demi citra perusahaan. Dalam hal ini mau tidak mau Anda dihadapkan oleh dua (2) kemungkinan yang sering terjadi, yaitu:
1.Anda harus mengirim siaran pers atau sejenisnya kepada seorang wartawan, dengan harapan mereka berminat pada tulisan Anda.
2. terkadang Anda terpaksa mengeluarkan uang untuk itu.

Dengan Cyber Public Relations pelaku PR dapat melewati batas penghalang ini dan langsung menyampaikan pesan tersebut kepada publik target serta memanfaatkan potensi-potensi besar lainnya, seperti:
1.Komunikasi konstan.
Internet bagaikan satpam atau seckretaris yang tidak pernah tidur selama 24/7 (24 jam x 7 hari) dengan potensi target publik di seluruh dunia.
2. Respon yang cepat.
Internet memungkinkan Anda merespons secara cepat dan serta-merta semua permasalahan dan pertanyaan dari para prospek dan pelanggan.
3. Pasar Global.
Internet telah membatasi pembatas geografis (kecuali psikologis) setelah Anda terhubung ke dunia online. Anda dapat langsung berkomunikasi dengan pasar di Arab Saudi. investor di Swedia, dan mitra bisnis di California dengan biaya yang sangat minim.
4. Interaktif.
Sangat interaktif nya internet membuat anda dapat memperoleh feedback dari pelanggan atau penginjung situs komunitas online yang disebut discussion group yang berorientasi khusus. Namun, disini penulisan isi medianya harus disesuaikan.

Dengan berbagai langkah tersebut, aplikasi Public Relations dapat secara mudah dan murah dalam memberikan informasi, mempromosikan produk maupun even yang akan diadakan, dibandingkan dengan harus menggunakan media konvensional seperti televisi maupun media cetak. Dari sini dapat kita lihat bahwa aktivitas Cyber Public Relations memiliki manfaat yang besar bagi perusahaan.

Reference

Onggo, Bob Julius. 2004. Cyber Public Relations. Jakarta: PT Elex Media Komputindo. (Book style)