Apa itu Bovine Spongiform Encephalopathy (BSE)

Bovine spongiform encephalopathy (BSE) adalah penyakit syaraf yang progresif dan fatal pada sapi dewasa domestik yang menyerupai scrapie

Bovine spongiform encephalopathy (BSE) adalah penyakit syaraf yang progresif dan fatal pada sapi dewasa domestik yang menyerupai “scrapie‟ pada domba dan kambing. Berdasarkan teori, para peneliti menyepakati bahwa penyebab penyakit BSE adalah prion. Prion merupakan agen pathogen yang unik, tidak memiliki komponen asam nukleat dan hal tersebut membedakan agen ini dengan virus, bakteri, fungi dan agen pathogen lainnya.Penularan dapat terjadi dari hewan ke hewan melalui transmisi oral yaitu melalui pakan hewan yang terkontaminasi daging dan tulang yang masuk ke dalam ransum sapi umumnya dalam bentuk Meat Bone Mill (MBM) dan juga secara eksperimental melalui inokulasi langsung ke otak.

Penularan dari hewan ke manusia dapat terjadi melalui konsumsi bahan makanan yang berasal dari hewan (sapi) yang sakit/penderita, material mediks dan produk hewan yang berasal dari hewan penderita. Penyakit ini bersifat fatal (fatality rate 100%) yang berarti bahwa sekali hewan terkena maka tidak dapat disembuhkan.