Apa itu benthos?

Benthos hidup di dasar perairan. Tetapi, bagaimana penjelasannya lebih lanjut mengenai benthos?

Benthos adalah jenis – jenis organisme yang hidup di dasar perairan. Termasuk jenis tumbuhan maupun jenis hewan (zoobenthos). Penelitian ini difokuskan pada jenis makrozoobenthos, yang memiliki peran sebagai biota indikator kualitas air.

Kawasan estuaria khususnya pada ekosistem mangrove sangat kompleks dengan kehidupan biota – biota yang hidup pada dasar sedimen, diantaranya adalah makrobenthos sebagai grup hewan bentik yang mempunyai ciri atau sifat khas yang dikenal sebagai komunitas dasar dengan kondisi lingkungan hidup yang lebih spesifik. Contohnya pada substrat berpasir, lingkungan ini lebih didominasi oleh hewan seperti molluska, bivalvia dan lain – lain. Makrobenthos merupakan organisme yang hidup melata, menempel, memendam baik di dasar perairan maupun di permukaan perairan.

Referensi:
Marpaung, A. A. F. 2013. Keanekaragaman makrozoobenthos di ekosistem mangrove silvofishery dan mangrove alami kawasan ekowisata Pantai Boe Kecamatan Galesong Kabupaten Takalar. Skipsi. Universitas Hassanudin Makassar.