Apa itu Animasi?

7adf8b86b220f306056431aaf76c7b7c
behance.net on Pinterest

Hi Youdics! Apakah kamu tahu apa itu animasi? Sepertinya sudah tidak asing lagi ya, nah ini dia pengertia “animasi” dari prespektif ilmu komunikasi dan media.

Animasi adalah proses pembuatan gambar diam, boneka, dll secara berurutan untuk memberikan ilusi gerakan; juga gambar langsung yang sebenarnya dan melukis pada saham positif atau negatif atau ke membersihkan seluloid itu sendiri. Jauh sebelum sinematografi ditemukan, perangkat telah digunakan memberi gambar ilusi gerakan. Pada 1882
Emile Reynauld telah menggabungkan Praxinoscope-nya dengan proyektor dan satu dekade kemudian membuka The éâtre Optique di Musée Grevin di Paris. Bioskop live-action menjadi sangat penting pernah Lumière bersaudara telah menunjukkan kemungkinannya pada tahun 1895, tetapi animasi segera ditangkap bunga, dari tahun 1908 dan seterusnya, dengan karya
J. Stuart Blackton di AS dan Emile Cohl di Perancis. Kartunis New York Herald, Winsor
McCay membuat Gertie the Dinosaur pada tahun 1909, dan pada tahun 1919, fitur animasi pertama, Th e Sinking of Lusitania.

Animasi penangkapan gerak juga menjadi familiar dalam proyek untuk TV, contohnya di
UK being Headcases (2008), arus satir acara aff airs yang dibuat oleh Henry Naylor untuk ITV, menggunakan animasi 3D dengan gaya Spitting Image (ITV, 1984–96).

Sumber :
Dictionary Media And Communicatio Studies 8th Edition James Watson and Anne Hill