Apa itu alat musik tradisional Flute ?

Cara-memainkan-alat-musik-flute
Alat music flute merupakan alat musik yang dimainkan dengan cara ditiup yang termasuk dalam keluarga bernama woodwind, alat musik ini ada yang terbuat dari bahan logam dan ada juga yang terbuat dari bahan kayu.

Flute merupakan salah satu jenis alat musik yang bias menghasilkan suara yang sangat indah. Pencapaiannya tidak bias didapat secara instant (langsung) sebagaimana dengan jenis alat musik lainnya, selain itu apa bila tidak benar dengan cara meniupnya flute tidak akan menghasilkan suara.

Berbeda dengan jenis alat musik piano, gitar dan electone, yang apabila dipetik atau dimainkan akan langsung menghasilkan suara pada saat yang sama.

Flute termasuk alat musik tiup yang mempunyai register nada dari b/c’ sampai dengan c’’’’ (Harmunah, 2004) . Flute terbuat dari bahan logam. Dalam musik keroncong, flute berfungsi sebagai pemegang melodi. Alat musik ini, tergolong dalam klasifikasi alat musik aerophone karena sumber bunyinya berasal dari hembusan udara pada rongga. Berikut ini adalah gambar alat musik flute: