Apa itu aksara Kanji?


(Mordred) #1

image

Jepang merupakan salah satu negara dengan penggunaan aksara yang tidak menggunakan Sistem abjad dalam penulisannya. Jepang menggunakan beberapa aksara, salah satunya Kanji. Namun apa itu aksara Kanji sebenarnya?


(Vallian Kautsar) #2

Kanji, salah satu dari tiga naskah yang digunakan dalam bahasa Jepang, adalah karakter China, yang pertama kali diperkenalkan ke Jepang pada abad ke-5 melalui Korea.

Kanji adalah ideograms, yaitu setiap karakter memiliki arti tersendiri dan sesuai dengan sebuah kata. Dengan menggabungkan karakter, lebih banyak kata bisa dibuat. Misalnya, kombinasi “listrik” dengan “mobil” berarti “kereta”. Ada beberapa ribu karakter, di mana 2000 hingga 3000 diminta untuk memahami surat kabar. Seperangkat 2136 karakter telah secara resmi dinyatakan sebagai “kanji untuk penggunaan sehari-hari”.

Kanji diyakini berasal dari China, meski tidak diketahui pasti kapan mereka pertama kali menulis. Beberapa percaya bahwa tulisan-tulisan pertama muncul pada 4500 SM, dan kanji modern tertua yang diketahui bertanggal 1600 SM. Kanji asli dimaksudkan untuk menjadi piktogram, yaitu, mereka mengungkapkan ide melalui gambar. Seiring waktu, representasi tersebut berevolusi menjadi karakter yang ditulis hari ini. Dalam banyak kanji Anda masih bisa melihat gambar aslinya dengan mudah, yang lainnya, tidak begitu banyak.

Sumber:
https://www.japan-guide.com/e/e2046.html