Apa Itu AgitProp? Sering Muncul di Dunia Politik. Tapi Tahukah Kalian?

AGITOP (Agitasi, Orasi dan Propaganda) adalah bagian dari “cara” berkomunikasi. Sebetulnya ada banyak cara berkomunikasi lainya seperti penerangan, jurnalistik, humas, publisitas, pameran, dll. Seperti apa yang menjadi tujuan umum dari komunikasi maka AGITOP ditujukan juga untuk mengubah sikap, pendapat, dan perilaku orang lain seperti yang diharapkan oleh komunikator (pengirim pesan). Karena terkait masalah perilaku individu dalam situasi sosial, AGITOP tidak lepas dari masalah psikologi sosial. AGITOP akan menjadi efektif apabila disertai dengan pemahaman atas faktor-faktor internal maupun eksternal yang mempengaruhi sikap, maupun perilaku individu maupun kelompok. Faktor internal seperti kepribadian, sistem nilai, motivasi, serta sikap terhadap sesuatu yang ada disekitarnya, sedangkan secara eksternal dipengaruhi oleh sistem nilai yang hidup ditengah masyarakat, kondisi lingkungan alam, tata ruang dan kondisi sosial ekonomi.

Dalam dunia demokrasi, agitprop memiliki konotasi negatif. Di Inggris selama tahun 1980-an, misalnya, para pelaku politisi sayap kiri kerap menggunakan yaitu agitprop dengan menyampaikan sebuah pesan melalui program televisi/media massa atau teater.

Istilah “agitprop” memberikan inspirasi agitprop teater, yang sangat kiri ini berasal dari teater di Eropa pada tahun 1920-1930 dan kemudian ikut menyebar sampai ke Indonesia, dengan memainkan sandiwara Bertold Brecht menjadi contoh terkemuka, Secara bertahap istilah “agitprop” lalu lebih menjelaskan pada bentuk gerakan politik kelompok.

Setelah revolusi Bolshevik, sebuah Agitprop (agitasi dan propaganda} kereta tur berkeliling negara, dengan seniman dan pelaku seni melakukan permainan sandiwara sederhana atau memutar siaran propaganda. Memiliki mesin cetak stensil di kereta untuk membuat poster atau pamplet yang secara berulang kemudian disebarkan melalui jendela pada waktu itu bila melewati desa-desa. Sejalan dengan kemajuan teknologi pada saat sekarang Agitprop (agitasi dan propaganda} lebih dilakukan pada lembaga2 media massa yang beraliran.

Menurut Youdics bagaimana?

sumber https://network23.org/hantumasyarakat/2019/10/01/agitprop-agitasi-dan-propaganda/