© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Apa hubungan antara tingkah laku manusia dengan cara pandang sosial masyarakat dalam melihat realita?

Tingkah laku adalah suatu ciri khas / bentuk karakter individu atau manusia sendiri.

Apa hubungan antara tingkah laku manusia dengan cara pandanng sosial masyarakat dalam melihat realita?

Individu VS Masyarakat & Masyarakat VS Individu

  • ika menelaah dengan lebih dalam, faktor psikologi sosial menjadi salah satu faktor yang sering diabaikan oleh seseorang dalam melihat posisinya dimasyarakat ataupun sebaliknya, masyarakat terkadang lupa bagaimana untuk memposisikan diri ketika berhadapan dengan individu didalam ataupun di luar mereka (Deaux & Wrightsman, 1988). Pertanyaan yang paling mendasar yang senantiasa menghantui kita dalam kajian psikologi sosial adalah bagaimana kita dapat menjelaskan pengaruh orang lain (masyarakat atau individu) terhadap perilaku kita ?.

  • Misalnya ketika terjadi revolusi Prancis, mengapa perilaku seseorang cenderung emosional ketimbang rasional dalam melihat realitas. Ini akan menjadi pertanyaan yang abadi ketika manusia dan masyarakat tidak saling menyadari peran dan pengaruh masing-masing dalam hubungan resiprositas mereka.

  • Pengaruh lingkungan masyarakat terhadap perilaku individu, khususnyya terhadap pembentukan kualitasnya adalah besar, begitu sebaliknya individu pun mampu untuk mempengaruhi masyarakat (cara pandang). Hal ini cocok dengan teori 3 karakter individu menurut pola tingkah lakunya. Pertama, penyimpangan terhadap norma koletif dan kehilangan individualitasnya, kedua, takluk terhadap koletifitas dan ketiga, mempengaruhi masyarakat (Hartomono, 2004).

  • Posisi individu dan masyarakat dalam melihat realitas agaknya menjadi 2 perspektif yang saling melengkapi bukannya berdiri pada ranah yang berbeda. Ketika masyarakat mengalami kebuntuan, muncullah individu yang harus menjadi pemecah kebuntuan dan begitu pula ketika individu mengalami kebuntuan, masyarakat harus memberikan alternatif yang memadai dalam memandang realitas.