Apa hubungan antara product roadmap dengan product backlog?

Banyak yang mempertanyakan apakah product roadmap dengan product backlog berhubungan. Lalu jika benar, apa hubungan antara Prodcut Roadmap dengan Product Backlog?

Sebelum membahas apa hubungan antara product roadmap dengan product backlog mari kita bahas dulu apa itu product roadmap dan product backlog.
Product Roadmap sendiri adalah dokumen tingkat tinggi yang dirancang untuk membuat dan mengkomunikasikan tujuan, prioritas, dan rencana strategis produk Anda. Product Roadmap bisa dibilang sebagai alat yang dirancang untuk membantu menjelaskan ke mana Anda akan membawa produk Anda dan mengapa. pengguna utama untuk roadmap Anda antara lain tim eksekutif, tim produk, tim pengembangan, dan bahkan pelanggan Anda.
Sedangkan Product Backlog adalah daftar taktis yang melacak pekerjaan yang diperlukan untuk mencapai rencana strategis yang tercantum pada roadmap. Ini adalah alat yang dirancang untuk membantu Anda menyelesaikan berbagai hal. Pengguna utamanya adalah tim produk dan pengembangan.

Lalau apa hubungannya antara kedua hal tersebut?. Pengembangan agile product yang sukses harus dibangun di atas Roadmap dan Backlog serta keduanya harus mudah diakses dan dibagikan, diperbarui, dan mudah disesuaikan dengan audiens saat ini. itulah hubungan antara Product Roadmap dan Backlog, kemudian berikut adalah hal-hal pendukung lainnya terkait hubungan Product Roadmap dan Product Backlog apabila kedua hal tersebut terhubung:

1. Kedua dokumen tersebut akan selalu Up to Date
Ketika Anda dapat menyinkronkan antara Roadmap dan Backlog Anda, Anda dapat menghindari masalah tim Anda memprioritaskan tugas yang salah, eksekutif Anda melihat informasi jadul di Roadmap Anda, dan masalah lain yang muncul dari mereferensikan dokumen yang tidak update. Sinkronisasi ini berarti Anda dapat memperbarui masalah di backlog Anda dan melihat perubahan tersebut tercermin pada Roadmap Anda.

2. Lebih mudah untuk mempresentasikan kepada Stakeholders
Ketika Anda mempertahankan backlog Anda di alat yang tidak dapat terhubung ke Roadmap Anda, Anda akan memiliki lebih banyak kesulitan bergerak dari perspektif strategis ke tampilan yang lebih taktis, dan kemudian kembali lagi. Dan tidak mungkin bahwa pemangku kepentingan eksekutif Anda akan memahami strategi Anda dengan melihat masalah dari backlog Anda. Hal itu tidak akan terjadi apabila Backlog dapat terhubung dengan Product Roadmap

3. Dapat mengetahui progress setiap saat
Apabila anda ingin mengetahui progress dan permasalah yang ada, anda dapat dengan mudah melakukan tracing apabila backlog dan Product Roadmap sudah terhubung, tanpa harus mencari cari dokumen satu persatu

Referensi