Apa hubungan antara karakteristik individu dengan motivasi kerja ?

Karakteristik individu merupakan minat, sikap serta kebutuhan seseorang yang dibawa dalam lingkungan kerja seseorang, dimana minat merupakan sikap atau rasa senang akan sebuah objek dan ide tertentu.

Apa hubungan antara karakteristik individu dengan motivasi kerja ?

Hubungan karakteristik individu dengan motivasi kerja :

  1. Hasil maksimal
    Apapun yang dikerjakan menggunakan hati dan minat pasti akan bagus. Jika anda melihat Pengertian Minat Menurut Para Ahli maka akan ada hubungannya dengan karakter dan cara bekerja. Meskipun lelah namun banyak orang yang merasa bahwa dengan perasaan yang memang benar-benar tulus akan menghasilkan pekerjaan yang maksimal. Hal ini sudah terbukti dari sesuatu yang kecil, misalnya belajar.
    Anda yang senang mendengarkan musik dan belajar bahasa Jepang pasti akan merasa senang ketika bekerja di bidang yang berkaitan dengan Bahasa Jepang. Namun coba ternyata anda harus bekerja di sebuah perusahaan akuntansi. Apa yang akan anda dapatkan ? tentu hasil yang tidak maksimal dan perasaan yang tidak puas. Justru bukannya memotivasi kerja malah sebaliknya.

  2. Betah
    Apa sih yang diinginkan anda ketika mulai bekerja ? pasti merasa betah sehingga anda tidak perlu berpindah atau bahkan menganggur dan mencari pekerjaan baru kan ? nah anda bisa merasa betah jika memang sesuai dengan keinginan dan juga kebutuhan anda ketika melakukan pekerjaan. Semua bisa didapatkan jika memang sesuai dengan minat anda. Pasti anda tidak akan merasa bermasalah untuk kerja yang disesuaikan dengan minat anda. Itulah yang menggambarkan hubungan karakteristik individu dengan motivasi kerja.

  3. Tidak Membuat Masalah
    Ketika anda bekerja, masalah hanya akan menambah pekerjaan dan beban tanggungan anda saja. Selain itu seringkali beberapa perusahaan mengurangi pendapatan anda karena masalah yang tidak anda lakukan. Namun jika sesuai dengan karakter individu anda jangan takut untuk memulai pekerjaan dan bekerja semakin baik lagi.

  4. Berkembang
    Ketika anda bekerja apa yang diinginkan di tempat tersebut, tentu keterampilan anda yang semakin berkembang dan anda bisa menambah keahlian dengan pekerjaan baru yang mungkin belum anda dapatkan. Terutama anda yang baru lulus sekolah atau kuliah. Nah bagaimana kaitannya dengan karakteristik? jika sesuai anda pasti memiliki motivasi untuk belajar kemudian mengasahnya dan akhirnya jadi berkembang baik.

  5. Percaya diri
    Banyak cara meningkatkan kepercayaan diri dan berani ketika anda membawa karakteristik individu yang positif maka anda akan merasa percaya diri. Terkadang memasuki lingkungan kerja sebenarnya anda mampu melakukan banyak hal atau melakukan banyak pekerjaan. Namun terkendala oleh banyak hal, mulai dari tidak percaya diri akan kemampuan anda dan potensi yang anda miliki.

  6. Mendapat ilmu
    Pengalaman merupakan guru terbaik untuk mendapatkan ilmu. Terkadang hanya teori saja tidak cukup untuk bisa bekerja dan ini dibuktikan banyak orang dengan bekerja sesuai jurusannya saja belum tentu bagus dan benar. Sehingga bukan hanya mendapat pengalaman namun juga mendapat ilmu. Selain itu pengalaman bukan hanya ilmu namun seringkali tertunda atau terhalang minat.

  7. Ingin menggali potensi
    Karakteristik individu membahas mengenai minat namun juga harus seimbang dengan potensi yang ada. Jika anda hanya minat maka anda harus berusaha untuk memberikan hasil maksimal pada pekerjaan. Begitupun dengan potensi, jika hanya potensi saja tanpa diiringi oleh minat maka akan bermasalah dan juga tidak berkembang ketika bekerja. Sehingga motivasi kerja memiliki hubungan untuk menggali potensi.

  8. Pantang menyerah
    Pantang menyerah merupakan salah satu hubungan yang menggambarkan antara motivasi dan karakteristik. Jika anda memang mau dan berminat pasti tidak mudah menyerah, terutama jika anda merasa penasaran untuk bisa menaklukan tantangan.

  9. Suka tantangan
    Beberapa orang memang senang dengan tantangan, karena hal inilah menyebabkan mereka memilih tempat kerja yang sesuai dengan karakteristik individu mereka. Setelah itu mereka akan termotivasi secara otomatis tanpa dipaksakan kembali. Terutama untuk anda yang memang ingin bekerja di tempat yang penuh tantangan misalnya menjadi wartawan, menjadi akuntan, menjadi public relation yang bertemu banyak orang dan sejenisnya.

  10. Instropeksi
    Motivasi tak selalu berhubungan dengan kinerja atau tantangan namun juga bisa berpengaruh pada program kerja dan inrospeksi. Selain karena introspeksi merupakan bagian dari karakteristik individu anda juga tentu paham bahwa pekerjaan memang membutuhkan perkembangan dan juga kemajuan, sehingga tidak diam saja pada titik tersebut namun harus bisa maju pada target yang telah ditentukan.