Apa hubungan antara Akuntansi Dengan Anggaran?

Akuntansi Dengan Anggaran

Akuntansi dapat diartikan sebagai suatu cara yang sistematis untuk melakukan pencatatan, penggolongan, peringkasan, analisis, serta interpretasi terhadap peristiwa-peristiwa keuangan (financial) yang terjadi dalam perusahaan.

Dari pengertian tersebut dapat diketahui bahwa Akuntansi menyajikan data-data historis. Sedangkan budget menyajikan data taksiran-taksiran untuk jangka waktu tertentu dimasa yang akan datang.

Apa hubungan antara Akuntansi Dengan Anggaran ?

Menurut Zaki Baridwan dalam bukunya yang berjudul Intermediate Accounting, menyatakan :

“Akuntansi adalah suatu kegiatan jasa. Fungsinya adalah menyediakan data kuantitatif, terutama yang mempunyai sifat keuangan, dari kesatuan usaha ekonomi yang dapat digunakan dalam pengambilan keputusan-keputusan ekonomi dalam memilih alternatif-alternatif dari suatu keadaan.” (2000)

Dengan demikian jika dihubungkan dengan anggaran, data akuntansi merupakan salah satu sumber utama, hal ini disebabkan akuntansi menyediakan data historis dan actual yang bersifat keuangan yang memenuhi tujuan analisa dalam pengembangan rencana-rencana perusahaan.

Selanjutnya penyesuaian anggaran harus disesuaikan dengan sistem akuntansi yang terdapat dalam perusahaan tersebut, terutama penggolongan transaksi-transaksi dalam perkiraan-perkiraan.

Penggolongan transaksi-transaksi dalam perkiraan-perkiraan untuk anggaran harus sama dengan yang ada pada laporan keuangan, dengan maksud agar dapat diperbandingkan sehingga dapat diketahui penyimpangan yang terjadi.