Apa hikmah melaksanakan sholat sunnah ?

sholat

(Bob Taylors) #1

Sholat adalah salah satu kewajiban bagi kaum muslim yang sudah mukallaf dan harus dikerjakan baik bagi mukimin maupun dalam perjalanan. Shalat merupakan rukun Islam kedua setelah syahadat. Selain shalat wajib, juga ada shalat sunnah. Apa hikmah sholat sunnah ?


(Muhammad Adiwijaya) #2

Banyak orang yang tidak sadar betapa pentingnya amal ibadah dalam kehidupan kita sebagai hamba Allah swt, terlebih ibadah shalat. Padahal shalat merupakan jalan penghubung antara diri kita dengan Allah swt, dan sarana untuk mendapatkan rahmat dan keridhaan-Nya. Adapun di antara keutamaan dan pahala atau hikmah yang akan kita peroleh dengan menjalankan shalat sunnah adalah sebagai berikut:

1. Mendatangkan Keberkahan di Rumah

Mengerjakan shalat sunnah di rumah akan mendatangkan keberkahan. Berbeda dengan shalat fardhu, shalat sunnah lebih utama dikerjakan di rumah masing masing kecuali shalat shalat sunnah yang memang disyaratkan untuk
dikerjakan secara berjamaah di masjid.

Driwayaikn dan Zad bin Ra, Rasululah Saw bersabda

Wahai sekalian manusia, kerjakanlah shalat(sunnah) di rumah sekalian, sebab shalat yang paling utama adalah shalat seseorang yang dikerjakan di rumahnya, kecuali shalat fardu.” (HR.al-Bukhari)

2. Mendatangkan Kecintaan dari Allah swt

Dengan sholat sunnah akan menambah kecintaan Allah swt.

3. Meninggikan Derajat Seorang Mukmin

Shalat adalah amalan yang terbaik untuk mendekatkan diri kepada Allah swt. Rasulullah saw bersabda,

Istiqamahlah kamu semua, janganlah kamu menghitung-hitungnya, dan ketahuilah bahwa sebaik-baik amal-amalmu adalah shalat." (HR._ Ibnu Majah)
Amalan shalat sunnah juga merupakan ibadah yang dapat meninggikan derajat seseorang serta menghapus dosa-dosanya yang lalu.

4. Menutupi Kekurangan Shalat Fardhu

Sungguh sulit bagi kita untuk mengerjakan ibadah fardhu secara sempurna. Adalah hal yang lumrah terjadi apabila kita mengerjakan shalat fardhu, maka akan banyak ditemukan kekurangan di sana sini, seperti tidak khusyuk, bacaan ayat-ayat Al Quran yang kurang dan kesalahan-kesalahan yang lainnya Dari snilah maka shalat shalat sunnah berfungsi untuk menutupi segala kekurangan yang mungkin terjadi ketika mengerjakan shalat fardhu ini.

5. Shalat Sunnah sebagai Sarana Doa dan Permohonan

Sesungguhnya manusia dengan upaya dan kekuatannya adalah lemah dan hanya dengan kekuatan Allah-lah ia menjadi kuat. Setiap manusia membutuhkan pertolongan Allah swt agar sukses dalam melaksanakan tugas-tugasnya di bumi ini. Dan tekun melaksanakan ibadah fardhu dan sunnah sehari-han adalah cara untuk mendapatkan pertolongan Allah.

6. Shalat Sunnah Menyebabkan Ketenangan

Amalan ibadah sehari-hari merupakan penyebab ketenangan hati dan kedamaian jiwa. Allah swt berfirman.

“(Yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenang dengan mengingat Allah, hati merasa tenang.”(QS. ar-Ra’d: 28)

Referensi :