Apa hal sepele yang buat orang lain badmood?

bad-mood

Badmood adalah perasaan negatif yang muncul secara bertubi-tubi. Tidak hanya sedih, orang yang mengalami badmood juga akan sering marah, frustrasi atau gampang tersinggung.

Setiap orang tentu memiliki berbagai masalah dalam kehidupan. Terkadang, masalah pun datang saat kondisi dan pikiran sedang tidak baik. Hal itulah yang biasanya membuat seseorang menjadi Badmood atau suasana hati menjadi buruk.

Saat suasana hati buruk, biasanya seseorang dapat menjadi sangat menyebalkan dilingkungannya. Mulai dari ekspresi wajah yang muram seharian dan marah-marah tanpa alasan. Mungkin saja hal itu terjadi diluar kendali atau mungkin karena diri sendiri tidak bisa mengendalikan.

Hal yang paling membuat saya Badmood adalah ketika kita sedang serius berbicara menjelaskan sesuatu hal kepada lawan bicara kita, namun lawan bicara yang kita ajak untuk berbicara malah fokus kepada handphone dan seolah-olah tidak ada respon dari suatu hal yang dibicarakan. Contoh seperti ini membuat badmood sekali menurut saya.

Nah, bagaimana nih dengan kalian? Hal apasih yang membuat suasana hati jadi badmood ?

Kalau saya pribadi seringkali badmood ketika lapar. Rasa lapar nggak bisa bikin tenang. Emosi saya jadi lebih meledak-ledak ketika lapar. Tersenggol dikit, langsung marah. Apa saja dikomentari dan dinasihati. Perut lapar bikin nggak bisa santai dan berpikiran tenang terhadap sesuatu. Bahkan bisa sampai menyalahakan sesuatu yang tidak bersalah. Setelah mencari penyebabnya, saya menemukan beberapa alasan kenapa sering badmood saat sedang lapar.

Menurut Paul Currie, seorang pakar perilaku nafsu makan dan profesor psikologi di Red College menyebutkan, rasa lapar bisa mengubah seseorang menjadi sangat emosional. Ini karena rasa lapar bisa menimbulkan stres, kecemasan, dan kegelisahan yang berujung pada amarah. Pasalnya, sinyal lapar yang dikirim otak akan merangsang pelepasan hormon adrenalin kortisol, yang membuat kamu sulit untuk mengendalikan emosi saat lapar.

Rasa lapar juga menjadi tanda bahwa tubuh kekurangan glukosa dan nutrisi, sehingga perlu segera makan. Kondisi kekurangan nutrisi inilah yang berdampak pada menurunnya kemampuan otak untuk mengendalikan emosi saat lapar. Sebuah studi dari Universitas Ohio, Amerika Serikat juga menemukan bahwa semakin rendah kadar gula dalam darah seseorang, maka ia akan semakin mudah marah dan agresif terhadap pasangannya.

Hal yang sejujurnya membuat saya badmood adalah ketika orang lain dengan sepengetahuan saya mengomentari bagaimana penampilan saya pada saat itu. I mean, saya tidak melarang mereka untuk mengeluarkan pendapatnya mengenai saya. Hanya saja ketika mendengarkan komentar mereka tanpa saya minta rasanya kadang agak menjengkelkan juga. Meskipun itu berisi pujian. Saya hanya merasa bahwa saya tidak perlu mengetahui itu, kecuali jika saya meminta dengan diri saya sendiri. Menerima komentar dari orang lain di luar keinginan saya terkadang membuat diri sendiri jadi berpikir dan seolah-olah menjaga image di depan orang lain. Saya sungguh ingin menghindari hal tersebut.

Saya juga merasa seperti itu. Ketika lapar, emosi lebih meledak-ledak, senggol bacok istilahnya kalau disini. Selain karena lapar, orang-orang bisa badmood hanya karena dia mengantuk.