Apa hal mendasar yang harus ada di dalam sebuah MVP?

Dalam pengembangan sebuah produk, tentunya kita ingin agar produk yang kita bangun tidak berjalan secara sia-sia. Untuk itu, MVP hadir sebagai solusi untuk mengenalkan produk, memvalidasi kebutuhan dan juga feedback. Akan tetapi kita sering kali bingung hal-hal apa saja yang seharusnya terdapat pada sebuah MVP? Apa sebenarnya hal mendasar yang harus ada di dalam sebuah MVP?

Berikut adalah dua hal mendasar yang harus dipenuhi oleh MVP:

1. The MVP needs to fully address a need or solve a problem for the user.
Kita perlu memastikan bahwa fungsi apa pun yang Kita sertakan sepenuhnya memecahkan masalah bagi pengguna. Kita harus selalu memastikan bahwa MVP yang kita buat, setidaknya dalam satu area fungsi yang dijanjikan, memberikan solusi lengkap kepada pengguna.
Kita perlu memastikan bahwa produk yang kita buat tidak sekadar memberi pengguna tiga perempat fungsi untuk menyelesaikan beberapa tugas. Akan tetapi produk benar-benar memberi mereka fungsi end-to-end yang diperlukan untuk melakukan setidaknya satu tugas.
Jika MVP kita tidak bisa melakukannya, kita akan berhadapan pada risiko nyata mengecewakan pengguna sehingga dapat mengubah mindset mereka terhadap produk kita selamanya.

2. The MVP needs to delight the user.
Jika kita tidak memiliki ‘sesuatu’ di produk yang kita tawarkan yang dapat memuaskan pengguna dengan cara tertentu, maka artinya kita tidak memiliki MVP yang benar. Karena kepuasan pelanggan adalah hal yang harus dimiliki dalam produk Kita.
Mengapa?
Karena kita akan menghadapi begitu banyak tekanan untuk merilis produk lebih cepat dan dengan lebih sedikit fungsi. Dengan fakta bahwa Kita menghadapi lebih banyak pesaing dari sebelumnya, Kita tidak boleh me-launching produk yang tidak memiliki kesan baik dan bermanfaat bagi pengguna, dengan harapan kita akan menemukan basis pengguna setia yang bersemangat untuk versi Kita berikutnya. Untuk alasan ini, MVP Kita seharusnya tidak hanya untuk memuaskan pengguna awal.

referensi:


https://www.productplan.com/minimum-viable-product/