Apa hal menarik dari jurusan kalian?

Saat memutuskan untuk berkuliah, mungkin sebagian dari kita sudah memiliki tujuan atau jurusan yang ingin dipilih.

Akan tetapi diluar sana, sangat banyak orang yang masih mencari jurusan apa sih yang mau dia pilih ? Tidak jarang sampai membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk mencari informasi mengenai jurusan.

Nah untuk membantu teman-teman pembaca yang sedang mencari informasi mengenai jurusan. Atau bahkan menginspirasi untuk mengambil jurusan yang sama dengan kalian.

Boleh share dong hal menarik apa sih dari jurusan kalian ?

Saya adalah mahasiswi psikologi. Hal membuat saya tertarik untuk memilih psikologi adalah:

  1. Belajar tentang jenis-jenis kepribadian dalam diri manusia
    Semua orang tentu terlahir dari kepribadian yang berbeda-beda. Tidak ada satu pun manusia yang sama persis dengan orang lain. Meski anak kembar sekalipun, karakter mereka bisa berbeda. Nah, di sini saya akan belajar keunikan antara satu pribadi dengan pribadi yang lain. Selain itu, Psikologi pun bisa membantu untuk mengenal kepribadian diri kita sendiri.
  2. Belajar memahami pola pikir orang lain tanpa harus mengubah pola pikir diri sendiri
    Belajar bagaimana memahami sudut pandang orang lain. Setiap orang memiliki cara berpikir yang berbeda-beda sesuai dengan latar belakang pendidikan, pengalaman, dan usia. Saya hanya cukup memahami dan mengerti bagaimana pola pikir mereka tanpa harus mengubah pola pikir saya sendiri.
  3. Prospek kerja jelas
    Lulusan psikologi sangat dicari oleh banyak perusahaan. Bisa juga dikatakan bahwa jurusan ini berpeluang untuk mendapatkan karir terbaik di hampir seluruh lini, mulai dari HRD, konsultan karier, dosen, psikolog, hingga psikolog klinis.

Tiga hal tersebutlah yg buat saya tertarik untuk memilih jurusan psikologi☺️

1 Like

Wah nice kak @regitameidys jurusan saya juga belajar sedikit tentang psikologi. Dengan memahami pola pikir orang lain, saya rasa itu keren banget, baik dalam kehidupan sehari-hari atau karir. Dalam pengambilan keputusan yang berhubungan dengan manusia aja kita harus memperhatikan aspek psikolog nya juga :joy:

Mungkin kebanyakan orang berfikiran jadi psikolog aja ya, padahal dalam berbisnis juga, dengan belajar psikologi, jadi poin plus ya bisa memahami costumer dan rekan bisnis.

1 Like

Setiap jurusan pasti memiliki hal menarik tersendiri. Saya kuliah di Universitas Negeri Surabaya dengan mengambil jurusan Manajemen Pendidikan. Manajemen pendidikan ialah seluruh aktivitas sekolah berupa proses mengelola usaha dengan bekerja sama sekelompok manusia yang tergabung dengan organisasi pada pendidikan guna menggapai tujuan pendidikan yang telah ditentukan, dengan memakai sumber daya yang ada dan menggunakan fungsi manajemen agar tergapainya tujuan dengan efektif dan efisien. Hal yang menarik dari manajemen pendidikan sendiri ialah mempelajari manajemen pada dunia pendidikan, untuk kelancaran proses pembalajaran sangat ditentukan oleh manajemen pada lembaga pendidikan, tidak harus menjadi seorang pendidik, dan lain sebagainya. Untuk prospek kerja pun dari manajemen pendidikan ini sangat luas bisa menjadi bagian dari pendidikan atau non pendidikan.

1 Like

Kalau dari saya pribadi mengambil Jurusan Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian. Di beberapa universitas lain, mungkin hanya disebut Teknologi Pangan atau Ilmu dan Teknologi Pangan. Awal memilih program studi ini adalah karena di teman-teman saya kebetulan tidak ada yang memilih prodi yang sama sehingga saya pikir kesempatan lolos semkain besar. Namun, setelah menjalani kurang lebih 1 tahun di TPHP (begitu cara saya menyebut prodi saya), saya menemukan hal menarik yang membuat saya tidak menyesal dan semakin antusias dengan prodi ini. Jadi, sebagai mahasiswa Teknologi Pangan, kita akan disuguhkan berbagai hal atau cara pengolahan yang benar mengenai produk atau bahan pasca panen.

  1. Kita akan meneliti suatu produk panen atau bahan setengaj jadi atau bahan jadi dari sisi nutrisi, evaluasi gizi, treatments (pengolahan), sifat sensoris, aktivitas mikroorganisme, dan banyak lagi. Dari hal ini, kita akan menjadi lebih aware tentang bagaimana cara menyajikan makanan dengan tepat.
  2. Pada semester lanjut, ada banyak pilihan mata kuliah yang membahas suatu bahan pangan secara lebih detail. Misalnya, ada teknologi susu, teknologi tek kopi kakao, teknologi legum serelia umbi, teknologi minyak dan lemak, dan masih banyak lagi. Nih, bagi kalian yang mau buka coffeshop contohnya, prodi ini bisa masuk list kalian.
  3. Prospek kerja yang selalu ada dan tidak akan pernah sepi. Makanan merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia, sehingga perusahaan-perusahaan FMCG (Fast-moving Consumer Goods) akan tetap membanjiri pasar-pasar di masyarakat.
  4. Prodi ini saya rasa cukup fleksibel dan tidak menghalangi kita untuk belajar hal lain selama menjalani perkuliahan. Ada beberapa kakak tingkat saya yang belajar saham dan magang mandiri di startup, bank. Beberapa juga ada yang fokus mendirikan bisnis pakaian online, jadi benar-benar fleksibel.
1 Like

Saat ini saya berkuliah dengan jurusan manajemen bisnis, dan yang membuat jurusan bisnis menarik bagi saya:

  1. Manajemen itu penting dan perlu dalam semua aspek kehidupan. Dan dalam spesialisasi manajemen ini, akan belajar tentang tugas menjalankan bisnis. Bisa dibilang nanti dalam manajemen akan belajar menjalankan perusahaan untuk memimpin orang (SDM).
  2. Jika memiliki jiwa wirausaha, jurusan ini cocok. Karena mata kuliah Manajemen juga mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi wirausaha atau manajer.
  3. Dengan manajemen, kita pasti akan dapat mengoordinasikan apa yang dilakukan setiap hari untuk mencapai tujuan.
  4. Alasan pemilihan yang keempat adalah karena setelah lulus pasti akan dibutuhkan di berbagai bidang. Karena manajemen diperlukan dalam hal apapun.
  5. Lulusan program studi manajemen biasanya memiliki kemampuan berorganisasi yang tinggi. Ini akan sangat membantu menemukan pekerjaan yang membutuhkan kolaborasi dan manajemen organisasi yang baik.
  6. Prospek karier lulusan manajemen juga beragam. Banyak lulusan manajemen bekerja di manajemen organisasi atau proyek dan bertanggung jawab untuk mengelola keuangan, administrasi, dan lain-lain.
  7. Dapat mengendalikan roda bisnis. Karena mempelajari manajemen, tentu telah mempelajari empat fungsi manajemen. Dengan ketentuan tersebut, diharapkan dapat mengelola bisnis yang akan dijalankan.
  8. Saat melamar perusahaan, dapat memilih beberapa bidang. Karena perusahaan harus menjalankan fungsi manajemen seperti pemasaran, SDM, operasional dan lain-lain. Jadi sudah pasti lulusan manajemen bisa masuk semua bidang.
  9. Jika mempelajari manajemen, tentunya memiliki soft skill dan berani mengambil risiko bisnis. Oleh karena itu, bagi yang berjiwa wirausaha, gelar ini sangat cocok untuk mengembangkan keterampilan mereka.
  10. Kesempatan menjadi CEO atau bos. Meski pada awalnya hanya karyawan biasa, namun memiliki kemampuan manajemen yang baik dan tahu solusi yang tepat, bukan tidak mungkin posisi juga akan meningkat.
1 Like

Jurusan kuliah merupakan salah satu langkah penting yang harus dipilih calon mahasiswa agar nantinya mereka lebih berminat dan bersemangat ketika menjalani perkuliahan. Saya pribadi merupakan mahasiswa jurusan Psikologi. Keputusan saya mengambil jurusan ini sudah saya pikirkan sejak saya duduk di kelas X SMA. Alasan saya mengambil jurusan ini karena salah satu orang yang menginspirasi saya menjadi seorang Psikolog (aamiin).

Hal menarik yang ada di jurusan Psikologi sebenarnya sangat banyak dan setiap individu memiliki persepsi mereka masing-masing tentang jurusan Psikologi. Menurut pengalaman saya, hal menarik dari perkuliahan di Psikologi adalah:

  1. Dapat rawat jalan sekalian berkuliah, karena di Psikologi selain belajar tentang kesehatan mental dan cara-cara untuk penanganan dini bagi kami mahasiswa untuk melakukan treatment bagi diri sendiri atau orang lain.
  2. Alat tes Psikologi yang menarik, ada tes kepribadian, tes pola kerja, tes intelegensi, dan lainnya yang mempunyai keunikan dan keseruannya masing-masing.
  3. Membuat skala, selain mengenal alat tes, kami mahasiswa juga diajarkan untuk membuat skala guna mengukur subjektivitas dari seseorang misalnya kepercayaan diri, harga diri, dan lainnya. Jika kamu melanjutkan hingga S2 atau S3 maka kamu bisa membuat alat tesmu sendiri.

Nah itu tadi beberapa hal menarik dari jurusan yang saya pilih yaitu Psikologi. Semoga buat kalian yang sedang ingin mengambil jurusan Psikologi dapat memberikan insight ataupun gambaran tentang jurusan Psikologi.

1 Like

Saya jurusan hukum, yang menarik dari jurusan saya yaitu :

  1. Kita dapat belajar tentang ilmu faraid : yaitu ilmu hukum waris. Dengan membagi harta warisan sesuai porsinya dengan berapa banyak anggota keluarga yang berhak menurut hukumnya. Baik itu secara Islam, perdata maupun adat sendiri.

  2. Kita dapat belajar tentang legal drafting yaitu mata kuliah yang menyajikan tentang bagaimana cara penyusunan (draf) undang-undang dan ada pelatihannya juga yang menjadi point’ plus nantinya ketika sudah mendapatkan gelar sarjana.

  3. Kita akan belajar tentang psikologi kriminal dimana kita dapat mendeteksi ciri fisik maupun psikis seseorang dapat dikategorikan sebagai orang jahat atau tidak dengan berbagai pendekatan maupun ilmu dari para ahli sendiri.
    Dan masih banyak lagi hal menarik yang dapat dikupas dari jurusan hukum sendiri. Dan setiap jurusan memiliki keunggulan masing-masing, tergantung bagaimana kita sebagai individu dapat menjalani, menyenangi apa yang kita pilih.

1 Like