Apa Gejala Penyakit Usus Buntu?

https://cdn1-a.production.images.static6.com/TcoQsNDszQ6qzETwiZKMY6zzwoM=/640x360/smart/filters:quality(75):strip_icc():format(jpeg)/liputan6-media-production/medias/1844038/original/014225900_1516790995-Nyeri-Perut-akibat-Radang-Usus-Buntu-atau-Sakit-Mag-By-Syda-Productions-shutterstock.jpg

Meski pengangkatan usus buntu tidak memengaruhi kondisi kesehatan. Penyakit usus buntu atau apendisitis yang dibiarkan dapat memicu komplikasi serius hingga dapat berakibat fatal. Apa Gejala Penyakit Usus Buntu?

Gejala penyakit usus buntu dapat ditandai dengan rasa nyeri di daerah perut sebelah kanan. Meski tidak semua nyeri perut dapat menyebabkan usus buntu, namun kamu perlu mengetahui gejala lainnya.

Pada awalnya penderita usus buntu akan mengalami nyeri dimulai dari sekitar pusar. Lalu rasa nyeri juga akan menjalar pada sisi kanan perut bagian bawah. Selanjutnya, rasa sakit akan bertambah secara terus-menerus.

Berikut beberapa gejala lainnya yang dapat meliputi rasa nyeri tersebut:

Mual dan muntah
Sembelit atau diare
Sakit batuk atau bersin
Demam
Kehilangan selera makan
Perut kembung
Sulit membuang gas
Sering kali penyakit usus buntu dianggap sebagai penyakit lain karena memiliki gejala yang serupa. Seperti infeksi saluran kemih, masalah pada lambung, batu ginjal, atau radang usus.

Tak hanya itu, gejala usus buntu juga dikaitkan pada masalah yang dialami pada wanita. Salah satunya adalah kehamilan ektopik atau nyeri mensturasi.

https://www.dokterbabe.com/artikel/penyebab-usus-buntu/