Apa gejala - gejala klinis pada penyakit HOG cholera (HC) sehingga bisa dibilang berbahaya pada hewan Babi?


(Kharis Muzzaki) #1

o_1b7m95ijr1bedtul12tm80318ara

Hog cholera dapat menulari babi dalam suatu peternakan melalui makanan, air, alat – alat, sepatu boot atau pakaian pekerja yang dicemari virus, dan juga dalam usus besar juga sangat mencolok terlihat pada babi yang terserang HC. Hog Cholera babi menyerang semua umur atau golongan babi.


(Luthfan Noor Irsyad) #2

Masa inkubasi HC biasanya berkisar antara 2-6 hari . Gejala klinis HC dapat dibedakan atas gejala penyakit akut, subakut atau kronis.

  • HC Akut
    Gejala klinis diawali dengan anorexia, lesu, malas bergerak dandemam tinggi . Leukopenia dan thromocytopenia hampir selalu terjadi dan muncul sebelum demam dan berlanjut sampai hewan mati. Conjunctivitis yang ditandai dengan exudate mukopurulent pada mata sering terjadi . Gangguan saluran pencernaan ditandai dengan konstipasi diikuti dengan diare. Kadang-kadang babi memuntahkan cairan berwarna kuning . Gangguan lokomotor berupa kelemahan pada tungkai belakang sehingga babi berjalan sempoyongan, bagian belakang tubuh terayun ke kiri dan ke kanan saat berjalan (swaying gait) atau babi berdiri sambil bagian belakang tubuh disandarkan pada dinding atau babi lain merupakan gejala yang khas pada penyakit ini . Kemerahan yang diikuti keunguan pada kulit terutama pada daun telinga, abdomen dan kaki bagian medial juga hampir selalu terjadi. Tingkat kematian pada HC akut sangat tinggi dan biasanya terjadi antara 10 - 20 hari setelah infeksi.

  • HC sub akut atau kronis
    Gejala HC subakut sama seperti diuraikan diatas tetapi lebih ringan dan penyakit berjalan lebih lambat. HC dinyatakan kronis apabila penyakit dapat berjalan lebih dari 30 hari (MANGELING dan PACKER, 1969) . Penyakit ditandai dengan anorexia, fever dan diare yang lama tetapi hilang timbul (intermitten) . Babi sangat kurus dan pertumbuhan sangat lambat. Gejala klinis yang terlihat paaa babi yang bunting yang terinfeksi HC tergantung pada umur kebuntingan saat terjadi infeksi dan virulensi dari virus yang menginfeksi . Infeksi HC pada babi bunting dapat berakibat aborsi, mummifikasi, stillbirth, anak yang lemah dan gemetaran, kematian neonatal, atau babi lahir kelihatan sehat tetapi virus dalam tubuhnya berkembang dengan perlahan - lahan dan setelah beberapa minggu atau bulan baru timbul gejala sakit.