Apa fungsi tata musik dalam tari?

Di dalam tari terdapat beberapa aspek yang dapat menghidupkan tari itu sendiri, mulai dari tata busana, tata rias, tata musik,dll. Lalu apa fungsi tata musik dalam tari?

  1. Sebagai pembangun suasana
    Disini berfungsi sebagai membangun suasana agar suasana atau tema dan alur ceritanya hidup

  2. Menambah semarak dan semangat kepada para penari atau sebagai sebuah rangsangan positif terhadap penari
    Penari agar tidak monoton, maka perlu di iringi dengan alunan musik, hal ini akan berpengaruh pada penari sehingga para penari akan lebih bersemangat. Sudarsono mengatakan elemen dasar dari tari adalah gerak dan ritme, Maka elemen dasar dari musik adalah nada Ritme dan Melodi. Sejak zaman prasejarah sampai sekarang dapat dikatakan dimana ada tari disitu pasti ada musik, musik dalam tari bukan hanya sekedar pengiring, tetapi musik adalah patner tari yang tidak boleh ditinggalkan, musik dapat memberikan suatu irama yang selaras sehingga dapat membantu mengatur ritme atau hitungan dan dapat juga memberikan gambaran dalam ekspresi suatu gerak (1997 : 46).

  3. Dapat memberi irama atau membantu dalam mengatur waktu
    Irama musik dalam tarian sangat membantu dalam mengatur waktu, irama musik terdapat pengatur waktu atau juga yang disebut tempo cepat dan lambatnya suatu gerakan. Dalam hal ini jika alunan musiknya santai maka gerakannya juga harus dibuat santai.

  4. Memberikan tanda perubahan atau memberi ciri atas perubahan suatu bentuk gerakan.