Apa fungsi Netbeans bagi Pemrograman Java?

Sebelum kita mengetahui apa fungsi netbeans bagi pemrograman Java, kita harus terlebih dahulu mengetahui apa itu Pemrograman.

Menurut Wikipedia, Pemrograman adalah adalah proses menulis, menguji dan memperbaiki (debug), dan memelihara kode yang membangun suatu program komputer. Kode ini ditulis dalam berbagai bahasa pemrograman. Tujuan dari pemrograman adalah untuk memuat suatu program yang dapat melakukan suatu perhitungan atau ‘pekerjaan’ sesuai dengan keinginan si pemrogram. Untuk melakukan pemrograman, diperlukan keterampilan dalam algoritma, logika, bahasa pemrograman, dan pada banyak kasus, pengetahuan-pengetahuan lain seperti matematika.

Apa fungsi Netbeans bagi Pemrograman Java?

1 Like

Adapun netbeans adalah sebuah aplikasi IDE (Integrated Development Environment) besutan SUN Microsystems. aplikasi ini berbasiskan Java dan berjalan di atas swing. Swing sendiri adalah sebuah teknologi Java untuk mengembangkan sebuah aplikasi Desktop yang dapat dijalankan di berbagai macam OS. yaitu Windows, Linux, MAC OS ,Solaris dan OS lain yang mendukung suatu JVM yang sepadan.

Pada awalnya, aplikasi ini diperuntukkan dalam suatu pengembangan pemrograman Java. Namun, aplikasi ini juga mendukung bahasa pemrograman lainnya, secara khusus seperti PHP, C/C++ dan HTML5.

Fungsi Java Netbeans

Fungsi Java Netbeans IDE sendiri adalah untuk membuat dan mengembangkan sebuah aplikasi Desktop, contoh dari aplikasi netbeans adalah seperti aplikasi yang ada di toko toko sembako. selain untuk membuat dan mengembangkan sebuah aplikasi Netbeans juga digunakan oleh programer untuk mencompile, linker, debugger DLL. karena IDE sendiri secara global berarti “editor”. IDE adalah sebuah lingkungan terintegritas yang menyediakan semua kebutuhan programer.

Fitur Java Netbeans

Fitur – fitur yang terdapat pada Netbeans antara lain:

  1. Smart Code Completion, untuk mengusulkan nama variabel dari suatu tipe, melengkapi keyword dan mengusulkan tipe parameter dari sebuah method.

  2. Bookmarking, fitur yang digunakan untuk menandai baris yang suatu saat hendak kita modifikasi.

  3. Go to commands, fitur yang digunakan untuk jump ke deklarasi variabel, source code atau file yang ada pada project yang sama.

  4. Code generator, jika kita menggunakan fitur ini kita dapat meng-generate constructor, setter and getter method dan yang lainnya.

  5. Error stripe, fitur yang akan menandai baris yang eror dengan memberi highlight merah.

Kelebihannya juga banyak diantara nya :

  1. Netbeans tidak hanya dapat digunakan buat java saja, karena Netbeans dapat di gunakan untuk bahasa pemograman lain seperti C/C++, Ruby, dan PHP.

  2. Mempunyai Garbage Collection,dan dapat membuat program berbasis visual dan event driven,sehingga programmer tidak perlu membuat teks program secara manual baris per baris untuk membuat Dialog atau user-interface,dapat menghasilkan teks program secara otomatis,di dalam Netbeans juga terdapat Compailer,Builder,dan Debugger internal, dll.

Sumber :