Apa fungsi modem dalam sebuah jaringan komputer?

Sebuah perangkat harus memilih jaringan didalamnya. Terdapat banyak perangkat yang ada saat ini salah satunya adalah modem. Lalu apa fungsinya dalam membangun jaringan?

Modem berasal dari singkatan modulator demodulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa (carrier) yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan bagian yang disebut “modem”, seperti vsat, microwave radio, dan lain sebagainya, namun umumnya istilah modem lebih dikenal sebagai perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer.

Pada intinya fungsi modem merupakan suatu perangkat keras atau hardware yang memiliki fungsi untuk komunikasi 2 arah yang dapat mengubah dari sinyal digital menjadi sinyal analog ataupun sebaliknya guna mengirimkan pesan atau data ke alamat yang dituju.

Komputer mengirimkan informasi dari bentuk sinyal digital. Tapi informasi yang melalui saluran telepon harus ditransmisikan ke dalam bentuk sinyal analog. Guna mengatasi permasalahan tersebut, modem dapat berfungsi untuk mengubah sinyal digital ke sinyal analog. Sinyal analog yang dibawa yang melalui saluran telepon. Ketika sinyal mencapai kepada komputer lain, sinyal analog diubah lagi ke bentuk digital oleh modem. Berikut fungsi modem.

  1. Mengubah dari sinyal digital menjadi sinyal analog ataupun sebaliknya
  2. Menghubungkan perangkat dalam suatu jaringan
  3. Melakukan modulasi serta demodulasi
  4. Melakukan komunikasi serta pemeriksaan paket data
  5. Mengkompresi data dikirim yang melalui sinyal
    image