Apa fungsi manajemen waktu (time management) dalam manajemen organisasi ?

Manajemen organisasi merupakan proses pengorganisasian, perencanaan, memimpin dan mengendalikan sumber daya suatu entitas untuk mencapai tujuan.
Manajemen organisasi memiliki tujuh fungsi salah satunya adalah manajemen waktu (time management).

Organisasi yang baik dan keterampilan manajemen waktu merupakan kombinasi yang dapat membantu menyelesaikan proyek tepat waktu. Efektifnya manajemen waktu dapat membantu karyawan untuk dapat melakukan hal yang benar pada waktu yang tepat. Manfaat yang dihasilkan dari manajemen waktu akan terasa dalam jangka waktu yang lama. Mengetahui bagaimana mengatur waktu dengan benar akan meningkatkan kepuasan kerja.

Enam alasan mengapa produktivitas dan manajemen waktu itu sangat penting yaitu :

  • Karena banyak pekerjaan yang dilakukan dalam jumlah waktu yang sama
    Seringkali kita kekurangan waktu dan berharap hari itu memiliki waktu yang lebih banyak sehingga kita dapat menyelesaikan pekerjaan, padahal tidak ada yang namanya terlalu banyak waktu.
  • Karena harus menyelesaikan tugas tepat waktu
    Manajemen waktu penting untuk merencanakan proses dan tugas dan perlu adanya pertimbangan faktor-faktor apa saja untuk memastikan bahwa perusahaan bekerja produktif.
  • Karena berhenti melakukan tugas yang tidak produktif
    Pada saat bekerja, utamakan tugas yang menjadi prioritas terlebih dahulu.
  • Karena untuk pembuktikan nilai diri
    Keterampilan manajemen waktu setiap orang menjadi titik awal kinerja yang baik dalam perolehan hasil.
  • Karena berkontribusi untuk mencapai tujuan
    Menyelesaikan tugas merupakan pencapaian tujuan pribadi yang berkontribusi juga dalam tujuan umum perusahaan. Melakukan hal tersebut akan membuat kita merasakan bagian dari tim.
  • Karena berkaitan dengan profesional dan pribadi
    Kehidupan pribadi dan professional tidak berjalan sendiri-sendiri namun memiliki hubungan erat.

Keuntungan dalam melakukan manajemen waktu adalah membuat pekerjaan lebih terorganisir. Dibutuhkan rencana pengelolaan waktu yang akan membantu memecah tujuan besar menjadi tugas-tugas kecil sehingga mudah dicapai dan diselesaikan sesuai jadwal. Itu akan membantu untuk berproses mencapai tujuan.

Referensi :

Manajemen merupakan proses organisasi, yang meliputi perencanaan strategis, penataan, penetapan tujuan, pengelolaan sumber daya, pengembangan manusia dan aset keuangan yang dibutuhkan untuk meraih tujuan dan mengukur hasilnya.

Manajemen waktu (time management) merupakan seni menata urusan bisnis dan pribadi seefektif dan seefisien mungkin, membuat semuanya terlaksana dengan baik, secepat mungkin, dan dengan penggunaan sumber daya (waktu, energi, uang dan manusia) sesedikit mungkin. Tujuan utama di balik semua usaha itu adalah untuk menghemat waktu lama yang diperlukan untuk pelaksanaan tugas atau pekerjaan. Dengan kata lain, itu adalah suatu seni menata, mengorganisasi, menjadwal, dan menganggarkan waktu yang tersedia untuk tujuan menghasilkan kerja lebih efektif dan produktif.

Menurut Kusashi, menunda pengambilan suatu keputusan atau bersikap reaktif terhadap suatu problem dapat mengakibatkan biaya mahal yang harus ditanggung oleh bisnis. Maka diperlukan sekali untuk memastikan bahwa pimpinan tidak melakukan kesalahan, dengan menunda pemanfaatan waktu yang sangat berharga bagi perusahaan.

Manajemen waktu (time management) yang baik akan sangat membantu perusahaan lebih produktif, lebih kreatif, menghemat banyak uang, dan menghindari bekerja pada saat-saat yang sudah kritis, dan secara meyakinkan dapat meningkatkan kesempatan meraih keberhasilan dalam bisnis.