Apa manfaat ketika kita tersenyum / ramah kepada orang lain?

Senyum adalah ekspresi wajah yang terjadi akibat bergeraknya atau timbulnya suatu gerakan di bibir atau kedua ujungnya, atau pula di sekitar mata. Kebanyakan orang senyum untuk menampilkan kebahagian dan rasa senang.

Apakah tersenyum / ramah bisa meningkatkan hubungan seseorang dengan yang lain ?

Senyum yang tulus dan diikuti sikap rendah hati akan membuat orang lain yang berhadapan dengan kita menjadi merasa “senang” dengan kita. Dan secara gak langsung senyum kita pun akan membantu orang lain untuk memperbaiki mood mereka. Kalo kamu gak percaya, coba deh kita ambil contoh sebaliknya.

Misalnya kamu adalah penjual tahu crispy di depan pasar, dan aku adalah customer yang gak bisa senyum, jutek dan kawan-kawannya. Apa yang terjadi kalo aku dateng pengen beli tahu crispy yang kamu jual? Pasti kamu bakalan males kan ngeladenin orang songong kaya begitu? Besoknya pun pasti kamu berharap gak bakal ketemu orang macem itu lagi, iya kan?

Beda cerita kalo pembelinya itu orang yang ramah dan senyumnya tulus, pasti kamu bakal seneng ngeladeninnya. Besoknya pun kamu bakal semangat untuk jualan dan berharap bertemu dengan lebih banyak customer yang murah senyum. Itu apa artinya? Dengan tersenyum kita bisa berbagi kebahagiaan dengan orang disekitar kita.

Sumber : https://masbocah.com/manfaat-tersenyum-versi-masbocah/

Senyum adalah tanda dimulainya sesuatu ikatan yang secara tidak langsung telah terjalin adanya rasa ukhuwah. Memang benar dengan adanya senyum pada diri kita akan menjadi karisma bagi kita. Serta dengan adanya senyum pada diri kita akan menyembunyikan kedukaan kita. Maka tersenyumlah demi membahagiakan orang lain. Senyumlah dari hati dan akan kembali ke hati itulah indahnya senyuman.

Dengan memberikan senyuman yang tulus kepada orang yang mempunyai hubungan dengan kita, akan membuat hubungan itu akan terasa lebih akrab, akan membawa keceriaan dalam kehidupan dan menambah keakraban dengan orang yang ada disekitar kita.

Pada dasarnya, semua orang bisa tersenyum dengan siapa saja. Namun, kadang karena ketidakseimbangan fisik maupun mental membuat sebagian orang sulit untuk tersenyum. Senyuman itu dapat menggambarkan suasana hati seseorang.

Senyuman yang tulus dari seseorang memberikan refleksi kejiwaan positif kepada orang lain. Seorang muslim selalu diajarkan agar memiliki sifat lapang dada dan senantiasa terbuka menebarkan senyuman kepada orang lain,

Senyuman kini telah dikembangkan menjadi sebuah terapi yang menyejukkan diri sendiri dan orang lain. Didalam dunia bisnis manajemen, kita juga mengajarkan senyuman yang memikat orang lain. Senyuman dapat mempengaruhi penampilan seseorang sehingga orang merasa lebih dihargai dan terlayani.

Sedangkan ekspresi senyum juga bermanfaat bagi diri kita pribadi, antara lain :

  • Senyum membuat anda lebih menarik.
    Kita akan selalu tertarik pada orang yang selalu tersenyum. Orang yang selalu tersenyum punya daya
    tank tersendiri. Wajah yang berkerut, cemberut, membuat orang menjauh dari anda, tetapi sebaliknya
    senyum bisa membuat mereka tertarik.

  • Senyum mengubah mood anda.
    Ketika anda merasa jatuh atau “down” cobalah untuk tersenyum. Mungkin saja mood anda akan
    berubah menjadi lebih baik

  • Senyum dapat membuat seseorang terbebas dari penyakit.
    Senyum yang kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari itu memiliki banyak manfaat yaitu dengan sembuhnya beberapa penyakit seperti stress/frustasi, jenuh atau bahkan depresi. Dengan senyum yang kita lakukan itu secara langsung mengarah ke sistem saraf manusia yang membuat seorang manusia merasa lebih senang dan bahagia.

  • Senyum mengingkatkan sistem imun (kekebalan) tubuh anda
    Senyum dapat membantu kerja imun tubuh agar dapat bekerja dengan baik. Ketika anda tersenyum,
    fungsi imun meningkatkan kemungkinan anda menjadi lebih rileks

  • Senyum menurunkan tekanan darah anda.
    Ketika anda tersenyum,maka tekanan darah anda akan menurun. Jika anda tak percaya, anda boleh mencobanya sendiri, jika anda memiliki alat pengukur tekanan darah di rumah anda.

  • Senyum membuat anda tampak sukses.
    Orang yang tersenyum terlihat lebih percaya diri dalam menjalani hidupnya. Cobalah tersenyum saat anda melakukan pertemuan dan saat ada janji, yakin rekan-rekan kerja, sahabat, orang-orang terdekat anda akan merasakan sesuatu yang berbeda.

  • Senyum membuat anda tetap positif.
    Cobalah tes ini: senyumlah. Lalu sekarang cobalah berpikir sesuatu yang negatif tanpa berhenti tersenyum. Sulitkan? Karena ketika anda tersenyum maka senyum tersebut akan mengirimkan sinyal ke tubuh anda bahwa “hidup anda saat ini baik-baik saja”. Maka jauhkan diri anda dari depresi, stress, dan rasa khawatir dengan satu kata yaitu “senyum”, tentu saja dengan memberikan senyum pada tempat dan suasana yang tepat, tidak kemudian berlebihan. Karena jika berlebihan, maka tentu orang lain akan menganggap anda kurang waras.

Dari seluruh manfaat individu tersebut, yang berkaitan dengan sosial, maka manfaat terbesar dari tersenyum adalah Senyum dapat merangsang orang lain tersenyum. Ketika seseorang tersenyum maka senyum tersebut akan membuat suasana menjadi lebih cerah, mengubah mood orang lain yang ada di sekitamya, dan membuat semua orang menjadi senang. Orang yang suka tersenyum membawa kebahagiaan buat orang yang ada di sekitarnya.