Apa fungsi jendela?

Jendela

Setiap rumah pasti memiliki pintu dan jendela. Apakah fungsi jendela itu sendiri ?

Masuknya Cahaya Matahari
Meski di dalam rumah ada lampu dan penerangan lain, tetapi sebenarnya rumah juga membutuhkan cahaya Matahari secara langsung, lo, teman-teman. Nah, salah satu gunanya jendela pada tiap rumah adalah agar cahaya matahari masuk ke dalam rumah.
Matahari dapat membuat ruangan menjadi lebih hangat. Cahaya Matahari juga membuat kita terhindar dari kuman-kuman penyebab penyakit, teman-teman. Bagaimana pun, cahaya dari alam itu lebih baik daripada cahaya buatan seperti lampu.

Tempat Sirkulasi Udara
Sirkulasi atau pertukaran udara juga dapat terjadi melalui jendela rumah. Dengan adanya pertukaran udara, maka ruangan-ruangan di dalam rumah bisa menjadi lebih segar. Hal ini juga berpengaruh terhadap kesehatan tubuh manusia yang tinggal di rumah tersebut, lo!
Proses sirkulasi atau pertukaran udara dapat menggantikan udara yang ada di dalam rumah dengan udara dari luar yang lebih segar. Semakin banyak jendela yang terbuka, maka akan lebih cepat proses sirkulasi terjadi.
Nah, tak hanya baik untuk kesehatan tubuh, ternyata adanya jendela di rumah juga dapat mencegah kebosanan, lo, teman-teman! Bayangkan, jika di rumah atau kamarmu tidak ada jendela, teman-teman takkan bisa melihat pemandangan di luar rumah atau tidak bisa mengetahui apa yang terjadi di luar rumah.
Jendela membuat rumah semakin indah dipandang dari sisi luar, sekaligus sarana untuk melihat pemandangan dunia luar dari dalam rumah.

sumber : http://bobo.grid.id/index.php/Sains/Iptek/Apakah-Setiap-Rumah-Harus-Memiliki-Jendela