Apa fungsi digunakannya VirtualBox?


VirtualBox merupakan produk virtualisasi yang sangat bagus baik digunakan di perusahaan maupun di rumah, berkualitas tinggi, dan dapat didowload serta digunakan secara free. VirtualBox memungkinkan anda untuk menggunakan banyak sistem operasi tanpa harus membeli komputer baru. Dengan memasang VirtualBox di komputer, anda dapat menjalankan sistem operasi lain tanpa harus menghapus sistem operasi yang sudah terpasang. Artinya, sistem operasi utama dan sistem operasi kedua akan berjalan berdampingan.

VirtualBox dapat diinstall pada Windows, Linux, Macintosh maupun Solaris. VirtualBox juga mendukung banyak guest operating system baik Windows, Linux, Solaris, OS/2 dan OpenBsd Untuk mendownload dan menginstal VirtualBox kita dapat mengunjungi halaman download yang ada di https://www.virtualbox.org/wiki/Downloads .VirtualBox sebaiknya diinstall pada lingkungan 64 bit agar guest operating system mudah dijakankan.

Virtual Box memiliki beberapa fungsi diantaranya :
1. Untuk melakukan percobaan/eksperimen terhadap suatu sistem operasi
Distribusi Linux selalu merilis update distribusinya secara berkala setiap bulan, semester, dan ada yang tiap tahun. Bagi user sistem operasi selain Linux yang ingin melakukan eksperimen terhadap update-update dari distribusi Linux tersebut dapat memanfaatkan VirtualBox sebagai media percobaan.

2. Penghematan biaya penggunaan listrik
VirtualBox dapat mensimulasikan perangkat PC hanya dalam sebuah jendela saja, hal ini tentu saja dapat mengurangi biaya konsumsi listrik.

3. Penghematan biaya investasi hardware
Tanpa harus membeli perangkat komputer baru, user dapat mengoperasikan sistem yang berbeda dalam satu layar. Dalam persepsi kebutuhan biaya untuk membangun sebuah perangkat komputer yang dirancang untuk server , keberadaan VirtualBox bisa memangkas biaya investasi hardware beberapa kali lebih hemat daripada harus membeli seperangkat hardware baru.

4. Memangkas biaya ruang media simpan untuk sistem
Melanjutkan dari poin nomor 3 di atas, termasuk di dalamnya investasi perangkat keras hardisk , Anda cukup menggunakan virtual hardisk , dan mengelolanya di dalam jendela aplikasi VirtualBox. Tentu saja harus menyesuaikan dengan kapasitas hardisk di komputer host , semakin banyak sisa ruang hardisk host , maka semakin besar potensi jumlah hardisk virtual yang bisa dibuat.

5. Memangkas proses dan uji implementasi sistem
VirtualBox mampu melakukan cloning virtual hardisk dari sistem virtualisai OS yang sudah terkonfigurasi di dalam VirtualBox. Sehingga bila user ingin mengimplentasikan teknologi tertentu secara independen di setiap fresh install OS, user tidak perlu mengulang proses dari awal instal OS kembali. Menggunakan virtual hardisk yang sudah terinstal sebelumnya, cukup lakukan cloning , dan fresh OS siap digunakan.

6. Konfigurasi hardware virtual
Pengaturan hardware virtual di dalam VirtualBox meliputi virtual CPU, RAM, hardisk, display, soundcard, USB port, dan LAN port. Semua perangkat virtual tersebut akan terinstal secara otomatis tanpa menginstal driver yang menggunakan setup file eksternal. Selanjutnya, setelah itu hanya memerlukan sedikit konfigurasi saja.

7. Deployment sistem virtual
Melanjutkan dari poin nomor 5, user dapat melakukan cloning sistem sebanyak mungkin sesuai kapasitas hardisk pada komputer host. Semakin besar kapasitasnya, semakin banyak pula potensi virtual OS yang bisa dibuat salinannya.

8. Replacement sistem virtual
Ketika satu komputer host tidak lagi mampu menjalankan sejumlah perangkat virtual karena faktor spesifikasi ataupun masalah kapasitas hardisk , maka user dapat dengan mudah melakukan pemindahan/ replacement perangkat virtual tersebut, cukup dengan menyalin hardisk virtualnya saja ke dalam komputer host yang lain yang lebih kompatibel, ditambah dengan sedikit konfigurasi.

9. Maintenance sistem virtual
Maintenance pada perangkat virtual tidak jauh berbeda dengan perangkat PC di dunia nyata, hanya saja bentuk maintenance -nya hanya bisa dilakukan dari sisi software saja, sebab semua perangkat kerasnya bentuknya virtual.

10. Media belajar untuk pemula IT
Bagi pemula di bidang IT, VirtualBox bisa dijadikan sebagai media belajar yang aman dari potensi kerusakan yang mungkin ditimbulkan. Karena kerusakan-kerusakan sistem pada sistem virtual tidak akan berdampak pada komputer host . Di sekolah menengah kejuruan komputer ataupun progdi mata kuliah IT saat ini banyak yang sudah menerapkan penggunaan VirtualBox sebagai media belajarnya.

Referensi

https://www.nesabamedia.com/pengertian-virtualbox/