Apa Fungsi Daun Bawang pada Masakan?

Selain menambah kenikmatan, apa sajakah fungsi daun bawang pada masakan?
image

Daun bawang, hampir sering kita temui ada dalam masakan. Pada pangsit, sup, kadang juga di menu bubur. Ternyata tak hanya aromanya yang membuat selera makan bertambah, ada manfaat lain daun bawang yang baik untuk tubuh kita.

Daun bawang bermanfaat untuk peningkatan kesehatan kulit, rambut, pencernaan, dan kesehatan Anda secara keseluruhan. Pertama, karena kandungan zat besi yang ada di dalam daun bawang baik untuk menjaga kesehatan sel-sel darah merah, meningkatkan kesehatan hemoglobin, dan mampu memperkuat sel jaringan di tubuh. Selain itu, kandungan serat yang ada di dalam daun bawang baik untuk kesehatan pencernaan Anda. Serat juga baik untuk mencegah Anda dari risiko sembelit.

Daun bawang juga tinggi kalium, di mana kalium bermanfaat untuk mengatur kadar cairan tubuh, mengurangi masalah jantung, dan mencegah kram otot. Adapun suatu senyawa bernama cycloaliin yang ditemukan di dalam daun bawang, bermanfaat untuk melindungi jantung Anda dari berbagai macam penyakit. Senyawa ini juga berfungsi untuk mengencerkan darah dan mengurangi risiko penyakit aterosklerosis.

Daun bawang yang sering ditambahkan dalam sup bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah tubuh Anda dari pilek, demam, dan flu. Daun bawang juga memiliki zat antioksidan yang bernama quercetin dan kemferfol yang baik untuk kesehatan kulit dan tubuh secara keseluruhan. Kandungan phyto-kimia, yaitu allium dan alil disulfida membuat daun bawang memiliki sifat antidiabetes.

Zat ini membantu mencegah degradasi insulin dalam tubuh dan meningkatkan metabolisme glukosa. Daun bawang memiliki sifat antibakteri, antijamur, dan antivirus sehingga baik untuk mengobati infeksi dan luka yang ada di dalam tubuh.

sumber