Apa fungsi dari Ujian Nasional ?

image

Keberadaan UN ini sebenarnya sangat paradoks karena ujian ini diwajibkan tapi tidak lagi dijadikan penentu kelulusan.

Keberadaan Ujian Nasional (UN) kembali dipertanyakan oleh Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI). Serikat guru ini menilai, fungsi dan tujuan UN tidak jelas.

Keberadaan UN ini sebenarnya sangat paradoks karena ujian ini diwajibkan tapi tidak lagi dijadikan penentu kelulusan. Biaya pelaksanaan UN yang mahal, tetapi hasilnya tidak berkelanjutan pula karena tidak digunakan sebagai syarat masuk ke universitas.

“Jika tujuannya untuk pemetaan, apakah harus soal yang sulit diberikan kepada siswa. Dan jika memang dipakai pemerintah sebagai alat pemetaan kualitas sekolah, apa tindak lanjut pemerintah setelah UN ini selesai dilaksanakan, ” ujar Wakil Sekjen FSGI, Satriawan Salim.

Terkait pemotretan kualitas sekolah, pemerintah sebenarnya sudah melakukan akreditasi sekolah yang mengacu pada delapan standar nasional pendidikan. Dan hasil akreditasi sekolah ini lebih komprehensif untuk memotret kualitas sebuah sekolah.

“Kita justru mempertanyakan kembali tujuan dan fungsi UN sesungguhnya. Jangan sampai biaya besar dan energi sekolah habis untuk melaksanakan suatu program besar yang tidak jelas fungsi dan kegunaannya,” ujar Satriawan.

Sumber:
Edupost.id


Apakah fungsi dari Ujian Nasional ?