Apa fungsi dari perencanaan sumber daya manusia ?

sumber daya manusia

Dalam Plan Human Resource Management perlu melihat fungsi manfaat yang dilihat dari berbagai sudut pandang stakeholder. Lalu apakah fungsi dari plan human resource management jika dilihat dari berbagai sudut pandang stakeholder?

Ketika suatu perusahaan tidak memiliki perencanaan sumber daya manusia yang tepat, maka perusahaan akan mendapat dampak negatif seperti kehilangan keuntungan karena karyawan yang kurang memenuhi syarat atau jumlah karyawan yang tidak tepat. Dengan memahami fungsi perencanaan sumber daya manusia, perusahaan atau organisasi akan lebih mudah untuk memperoleh dampak positif bagi perusahaannya. Oleh karena itu, berikut ini adalah fungsi dari plan human resource management atau manajemen perencanaan sumber daya manusia yang jika diterapkan dalam organisasi maka akan mendukung tujuan dari organisasi itu sendiri.

  1. Fungsi dilihat dari sisi individual tenaga kerja
    Fungsi individual digunakan sebagai motivasi para karyawan untuk lebih berkontribusi dalam melaksanakan tugasnya di dalam organisasi, dan fungsi individual harus senantiasa selaras dengan tujuan organisasi. Dari fungsi ini maka karyawan akan mengetahui bagaimana kemampuan pengembangan jenjang kariernya, kemampuan yang harus dimiliki, dan juga waktu terbaik untuk mengjangkau karier.

  2. Fungsi organisasional
    Dalam fungsi organisasional perlu adanya kontribusi akan pendayagunaan sumber daya manusia secara keseluruhan untuk menunjukkan keberadaan dari suatu organisasi. Fungsi organisasional dalam manajemen perencanaan sumber daya manusia merupakan target formal yang ditentukan untuk mencapai tujuan organisasi.

  3. Fungsi dilihat dari kedudukan dan fungsionalitas
    Fungsi ini diterapkan dalam organisasi untuk mempertahankan kontribusi dari sumber daya manusia tiap departemen yang disesuaikan dengan kebutuhan organisasi.

  4. Fungsi Sosial
    Fungsi sosial dari plan human resource management adalah organisasi bertanggung jawab secara sosial terhadap tantangan dan keperluan yang terjadi di masyarakat khususnya dalam ruang lingkup organisasi dan mengurangi efek yang merugikan.

Referensi :