Apa fungsi dari Kuku?

Kuku kita terbentuk dari materi protein yang bernama keratin. Seperti yang kita tahu, kuku tidak hanya dimiliki oleh manusia. Sebagian besar primata dan beberapa jenis mamalia juga diketahui memiliki kuku dengan berbagai fungsi.

Untuk manusia sendiri, kuku berfungsi melindungi ujung-ujung jari dan segala bagian yang sangat sensitif di dalamnya seperti ruas tulang jari paling luar (distal phalanx) dan juga jaringan-jaringan yang lunak dan lentur di sekitarnya. Selain itu, cobalah memegang sesuatu dengan ujung jari telunjuk dan jempol kamu dengan agak keras. Pasti dari situ kamu akan semakin mengerti fungsi kuku yang lain. Yap, dalam hal ini kuku berfungsi memperkuat ujung jari.

Untuk mendukung semua penjelasan di atas, ada baiknya kita pelajari anatomi kuku. Ayo simak gambar dan penjelasan berikut ini:

A. Batang kuku (nail plate).
Bagian ini adalah bagian kuku yang paling mudah kita kenali sebab terlihat jelas dengan mata telanjang. Nail plate adalah bagian kuku yang keras dan nyaris transparan, sehingga pembuluhan darah di bawahnya bisa terlihat. Hal itulah yang membuat kuku terlihat kemerahan. Batang kuku ini tersusun dari protein yang bernama keratin.

B. Lunula.
Coba amati bagian pangkal kuku jempol tanganmu. Ada bagian berwarna putih dan melengkung bukan? Nah itulah yang dinamakan lunula. Lunula menandakan bahwa dibawahnya terdapat bagian yang bernama matrix, yang berfungsi memproduksi sel kuku secara terus menerus.

C. Akar kuku (root).
Disinilah bagian yang menjamin kuku kamu tetap berada di tempatnya dan menempel kuat disana.

D. Sinus.
Sinus adalah lokasi dimana terdapat akar kuku. Bagian ini adalah pertemuan antara akar kuku dengan kulit kita.

E. Matrix.
Bisa dikatakan bahwa matrix adalah bagian paling penting dari kuku kita. Pada bagian ini terdapat banyak sekali pembuluh darah, saraf dan kelenjar yang penting. Matrix bertanggung jawab memproduksi sel yang akan menjadi batang kuku (nail plate). Jadi setiap matrix mempriduksi sel yang baru, sel-sel yang lama akan terdesak dan semakin maju dan akan terus berproduksi selama kita hidup. Jadi tau kan alasannya, mengapa kuku kita tidak berhenti tumbuh?

F. Bantalan kuku.
Ini sebenarnya adalah bagian dari kulit yang tepat berada di bawah batang kuku. Di bagian terluar bantalan kuku juga terdapat pembuluh darah dan sering sedikit terlihat dari luar karena batang kuku yang menutupinya bersifat agak transparan.

G. Hyponychium.
Bagian yang agak sulit diucapkan ini adalah perbatasan antara kuku dengan bantalan kuku. Bagian ini membentuk lapisan pelindung seperti lem sehingga kuku kita tetap menempel di bantalannya. Dan akan terasa perih bila secara tidak sengaja kita memotong kuku terlalu pendek.

H. Bagian bebas (Free margin)
Nah ini adalah bagian kuku yang terlalu panjang dan melebihi ujung jari, dan biasanya akan segera kita potong karena beberapa orang akan merasa sangat tidak nyaman dengan kuku yang terlalu panjang.

Sumber:

Kuku adalah bagian tubuh yang terdapat atau tumbuh di ujung jari. Kuku tumbuh dari sel mirip gel lembut yang mati, mengeras, dan kemudian terbentuk saat mulai tumbuh dari ujung jari. Kulit ari pada pangkal kuku berfungsi melindungi dari kotoran. Fungsi utama kuku adalah melindungi ujung jari yang lembut dan penuh urat saraf, serta mempertinggi daya sentuh. Secara kimia, kuku sama dengan rambut yang antara lain terbentuk dari keratin protein yang kaya akan sulfur. Anatomi kuku dapat dilihat pada gambar berikut ini :

image

Pada kulit di bawah kuku terdapat banyak pembuluh kapiler yang memiliki suplai darah kuat sehingga menimbulkan warna kemerah-merahan. Seperti tulang dan gigi, kuku merupakan bagian terkeras dari tubuh karena kandungan airnya sangat sedikit.

Pertumbuhan kuku jari tangan dalam satu minggu rata-rata 0,5 - 1,5 mm, empat kali lebih cepat dari pertumbuhan kuku jari kaki. Pertumbuhan kuku juga dipengaruhi oleh panas tubuh. Kuku lebih cepat panjang pada musim panas dan lebih lambat pada musim dingin. Nutrisi yang baik sangat penting bagi pertumbuhan kuku. Sebaliknya, kalau kekurangan gizi atau menderita anoreksia nervosa, pertumbuhan kuku sangat lamban dan rapuh. Beberapa penelitian menyebutkan, warna dan bentuk kuku dapat dijadikan alternatif untuk mendeteksi penyakit apa yang sedang kita derita, sebelum kita berkunjung ke dokter.

1 Like