Apa Fungsi dan Manfaat penggunaan SSH ( Secure Shell )?

SSH merupakan akronim dari Secure Shell. SSH adalah sebuah protokol yang memanfaatkan kriptografi untuk melakukan komunikasi data pada perangkat jaringan agar lebih aman. SSH menggunakan enkripsi data yang bertujuan untuk menyediakan kerahasiaan dan integritas data melalui jaringan yang tidak aman misalnya saja internet. Apa saja fungsi dan manfaat penggunaan SSH yang Anda ketahui ?

Intinya SSH membantu mengamankan komputer kita dari serangan Virus atau malware saat kita terhubung pada sebuah server. Dan fungsi utama SSH adalah untuk memnjamin kemanan dalam transfer data pada suatu jaringan. Fungsi ini dibuat sebagai reaksi untuk menggantikan protokol yang sebelumnya dianggap sangat rentan terhadap pencurian data. Fungsi lainnya ialah :

  1. Melakukan Enkripsi terhadap data yang dikirim atau diterima.
  2. Melakukan Autentikasi keamanan untuk memastikan pengirim dan penerima adalah benar dan aman.
  3. Memastikan kerahasiaan data yang ditukarkan antar pengirim dan penerima.

Dengan adanya SSH, user dapat bergerak bebas melalui struktur filr akun hosting. Ketika User berada di jaringan pribadi, userpun dapat memonitoring log dan memuai atau menghentikan service. SSH pun dapat menembus protokol lain seperti FTP. Dan kita tidak perlu khawatir terhadap pencurian data karena data yang kita kirim atau terima telah terenkripsi.

Fungsi dari SSH dapat digunakan untuk menggantikan telnet, rlogin, ftp, dan rsh, salah satu fungsi utamanya adalah untuk menjamin keamanan dalam melakukan transmisi data pada suatu jaringan. SSH banyak dimanfaatkan oleh berbagainetwork admin di berbagai belahan dunia untuk mengontrol web dan jenis jaringan lainnya seperti WAN. Fungsi SSH ini sebenarnya adalah dibuat untuk menggantikan protokol sebelumnya yang dianggap sangat rentan terhadap pencurian data melalui malware berbahaya. Protokol tersebut antara lain adalah rlogin, TELNET dan protokol rsh.

Fungsi lain SSH

  1. Melakukan enkripsi terhadap data yang dikirim
  2. Protokol untuk pertukaran data dalam suatu jaringan
  3. Otentifikasi, mekanisme untuk memastikan pengirim dan penerima adalah benar dan aman.

Manfaat dari SSH

  1. Melakukan koneksi aplikasi TCP (misalnya : webserver, mail server, FTP server) dengan lebih secure (aman)
  2. Melakukan koneksi dengan membypass (melewati) firewall atau proxy setempat.