Apa film yang pertama tayang di Indonesia?

image

Sejarah perfilman Indonesia memiliki ceritanya sendiri. Sempat meraih kejayaan di era 80-an, film Indonesia seolah terpuruk ketika memasuki tahun 1990. Kemudian di awal millennium baru, kondisi perfilman Indonesia mulai membaik dengan sederet film karya anak bangsa. Hingga kini, ada ratusan film yang telah diproduksi oleh orang Indonesia. Adakah dari kalian yang tahu film apa yang pertama kali tayang di Indonesia?

Sejarah mencatat bahwa Loetoeng Kasaroeng dinyatakan sebagai film pertama Indonesia. Dirilis pertama kali pada tahun 1926, film ini dibuat dan disutradarai oleh orang Belanda. Meski meneer-meneer Belanda mendominasi film ini, bukan berarti orang Indonesia tidak terlibat di dalamnya. Aktor film Loetoeng Kasaroeng berasal dari Indonesia dan menjadi film pertama yang dikomersialkan di negeri ini.

Film yang pertama tayang di Indonesia yakni di tahun 1900 merupakan film dokumenter yang menceritakan tentang perkembangan terakhir pembangunan di Belanda dan Afrika Selatan. Film ini juga menampilkan profil keluarga kerajaan Belanda. Tahun 1910 sendiri tercatat sebagai tahun kegiatan pembuatan film yang lebih bersifat pendokumentasian tentang Hindia Belanda agar ada pengenalan yang lebih “akrab“ antara negeri induk (Belanda) dengan daerah jajahan. Industri pembuatan film di wilayah Hindia Belanda sendiri baru dimulai sejak tahun 1926 ketika sebuah film berjudul Loetoeng Kasaroeng dibuat oleh L.Hoeveldorp dari NV Java Film Company pimpinan G. Krugers dan F. Carli. Java Film C ompany kemudian membuat film keduanya pada awal tahun 1927 yang berjudul Euis Atjih .