Apa faktor penyebab tinginya jumlah penderita HIV/AIDS pada perempuan di Afrika Selatan?

Sebanyak 5.024.000 jiwa terinfeksi penyakit HIV/AIDS di Afrika Selatan, dimana jumlah tersebut menjadikan Afrika Selatan sebagai negara dengan jumlah penderita HIV/AIDS tertinggi di dunia. Dari sekitar 5 juta jiwa, 2,5 juta diantaranya adalah perempuan (Dorrington,dkk.,2004:14). Apa faktor penyebab tinginya jumlah penderita HIV/AIDS pada perempuan di Afrika Selatan?

Menurut Ni Made Listu Ayu Belia Apsari dkk dalam Jurnal Hubungan Internasional yang berjudul Peran UNAIDS Dalam Menangani Masalah HIV/AIDS Terhadap Perempuan di Afrika Selatan Pada Tahun 2011-2015 mengatakan bahwa

HIV/AIDS menjadi masalah kesehatan publik tertinggi di Afrika Selatan. Hal ini dapat terlihat dari jumlah kematian yang ada di Afrika Selatan.

38% dari jumlah kematian tersebut berasal dari penderita HIV/AIDS (Benatar, 2004). Terdapat sekitar 5 juta penduduk Afrika Selatan yang terinfeksi HIV/AIDS dan sekitar 2,5juta diantaranya adalah perempuan (Dorrington, dkk., 2004).

Beberapa faktor yang menyebabkan tingginya jumlah penderita HIV/AIDS pada perempuan di Afrika Selatan, diantaranya adalah: faktor kemiskinan, faktor kekerasan berbasis gender, dan faktor pendidikan.