Apa fakta unik Gary Oldman dalam film Darkest Hour?

Dalam Darkest Hour, Gary Oldman memerankan Perdana Menteri Inggris di era perang dunia, Winston Churchill. Kala itu, Inggris di bawah kepemimpinan Winston Churchill menghadapi Hitler. Ada banyak fakta menarik di balik pembuatan Darkest Hour.

  1. Aktor John Hurt sempat ditunjuk untuk memerankan Neville Chamberlain. Ironisnya, belum sempat menjalani reading dan syuting, kanker yang diidap John Hurt memasuki stadium akhir. Kanker pula yang mengakhiri hidup Neville Chamberlain. Meski demikian film ini tetap memberikan penghormatan terhadap John Hurt.

  2. Gary Oldman menggunakan riasan khusus untuk bertransformasi menjadi Winston Churchill selama total 200 jam. Berat prostetik itu setengah dari berat badannya sendiri.

  3. Dalam sebuah wawancara, Gary Oldman menyebut biaya film untuk pengadaan cerutu saja mencapai £ 18,000 atau sekitar 333 juta rupiah.

  4. Kisah film ini menampilkan suasana Inggris pada Mei 1940. Dalam film, Winston memiliki sekretaris bernama Elizabeth Layton. Padahal di kehidupan sebenarnya, Elizabeth baru menjadi sekretaris Sang Perdana Menteri tahun 1941.