Apa Fakta unik film Avatar ?

Film Avatar menjadi salah satu film dengan penggemar yang sangat banyak. Tahukah kamu, fakta unik apa saja yang ada di balik film Avatar?

  1. Dikenal sebagai sosok yang sangat disiplin di lokasi syuting, James Cameron selalu membawa alat paku tembak untuk memaku ponsel milik kru atau pemain yang kebetulan sedang berdering di dinding pintu keluar.

  2. Bahasa Na’vi diciptakan sepenuhnya oleh seorang ahli bahasa bernama Dr. Paul R. Frommer yang disewa secara khusus oleh James Cameron untuk membuat satu bahasa yang mudah diucapkan para aktor. Frommer menciptakan sekitar 1.000 kata untuk bahasa yang tak mirip dengan bahasa manusia ini.

  3. Saat mengikuti audisi, pemeran Jake Sully, Sam Worthington, belumlah terlalu terkenal dan ia masih tinggal di dalam mobilnya, bukan di apartemen seperti aktor-aktor lainnya.

  4. Studio sebenarnya menghendaki Matt Damon atau Jake Gyllenhaal sebagai pemeran Jake Sully, namun James Cameron lebih memilih aktor yang belum punya nama besar, Sam Worthington. Alasannya, ia ingin memberi kualitas ‘riil’ pada karakter tersebut dengan mengkasting aktor biasa.

  5. Rokok yang dihisap karakter Sigourney Weaver sebenarnya dibuat dengan rekayasa komputer.

  6. Menurut James Cameron, suku Na’vi digambarkan berwarna biru sebab ia ingin menciptakan kesamaan konseptual dengan penggambaran orang Hindu terhadap dewa yang didominasi warna biru. Alasan lainnya, Cameron memang menyukai warna biru.

  7. James Cameron sebenarnya ingin membuat film ini pada tahun 1999, namun anggaran untuk efek spesial kala itu mencapai 400 juta dolar AS dan tak ada studio yang bersedia menggelontorkan dana sebesar itu. Proyek ini pun tertunda selama delapan tahun lamanya.

  8. Aktor Chris Pine sebenarnya mengikuti audisi untuk mendapatkan peran utama, namun menurutnya itu merupakan audisi terburuk dalam karirnya.

  9. Dalam sebuah wawancara, Sam Worthington mengaku lebih mudah baginya untuk mempelajari bahasa Na’vi ketimbang logat Amerika.

  10. Sam Worthington diundang ke acara kasting via telepon. Tapi sang penelepon tidak menjelaskan seperti apa naskahnya dan siapa sutradaranya. Sam merasa kecewa dan sempat berpikir bahwa undangan itu hanya buang-buang waktu saja.

  11. Untuk mempersiapkan peran para aktor, James Cameron mengajak para pemain dan kru pergi ke Hawaii untuk merasakan bagaimana hidup di hutan seperti suku pedalaman.

  12. Avatar adalah film terbaru James Cameron setelah Titanic di tahun 1997, yang juga sekaligus mengalahkan rekornya sebagai film terlaris sepanjang sejarah.

  13. Avatar sudah dijadwalkan akan dibuat hingga lima film. Sekuel-sekuelnya akan tetap diarahkan James Cameron dan disiarkan secara berurutan pada tahun 2018, 2020, 2022, dan 2023.

  14. 60% dari film ini merupakan hasil CGI alias teknologi komputer, sementara 40%-nya adalah akting asli dari para aktor.

  15. James Cameron mengaku dalam sebuah wawancara bahwa ia mendapat ide untuk membuat film Avatar setelah ia menonton film animasi Disney tahun 1995, Pocahontas.

Sumber: https://www.setangkai.com/2016/05/03/15-fakta-unik-tentang-film-avatar-2009/