Apa fakta unik dari Cooper's Hill?

Cooper's Hill

Cheese Rolling Race, salah satu balapan yang bikin geleng-geleng kepala. Dengan iming-iming keju Double Cheese Gloucester seberat 4 kg, orang-orang rela menjadi yang tercepat sampai di bawah bukit curam Cooper’s Hill. Mungkin terdengar konyol, tapi jangan salah, balapan ini sudah menjadi agenda tahunan di bukit tersebut. Apa fakta unik dari Cooper’s Hill?

1. Berawal dari ritual musim panen penduduk lokal
Dilansir dari buku Fotheringham’s Sporting Trivia karya Will Fotheringham, kompetisi memburu keju yang diguling dari atas bukit ini sudah mulai sejak sekitar 400 tahun yang lalu. Balapan ini menandakan mulainya musim panas, dan ritual untuk memastikan hasil panen yang melimpah. Kompetisi ini aslinya merupakan ritual pesta panen berdasar kepercayaan Pagan. Setelah disorot oleh turis luar negeri, ritual ini bukan hanya sebagai tradisi biasa, melainkan kompetisi yang dinanti berbagai pendatang.

2. Kompetisi yang diikuti orang dari berbagai penjuru dunia
Berbondong-bondong orang pergi ke bukit yang bertempat dekat Brockworth, Inggris pada Spring Bank Holiday sekitar bulan Mei. Entah hanya untuk menonton pertandingan, atau menjadi peserta. Untuk apa? Tentu saja berpartisipasi dalam ajang berburu keju ini. Bukan hanya penduduk lokal yang datang, turis dari luar pun ikut menikmati jalannya pertandingan. Kompetisi siapa paling cepat ini tak elak menyebabkan berbagai macam gaya bermunculan ketika peserta memulai kompetisi.

3. Balapan untuk seluruh kalangan
Dalam Cheese Rolling Race ini, terdapat berbagai kategori untuk balapan. Ada balapan laki-laki, perempuan maupun dewasa. Tentu saja dengan adanya hadiah keju asli daerah Gloutcester, banyak yang berlomba mengikuti kompetisi ini. Apalagi ukuran kejunya yang besar. Semenjak tahun 1988, keju yang dipakai dalam kompetisi ini dibuat oleh Diana Smart, 83.

4. Lokasi yang menantang
Seperti halnya kompetisi fisik lain, cidera sering terjadi pada peserta. Begitu pula pada Cheese Rolling Race ini, kecelekaan tentu saja tak bisa dihindari mengingat lokasi kompetisi yang begitu curam. Apalagi para peserta berlomba-lomba siapa yang paling cepat. Untuk mengatasi ini, koordinator selalu menyediakan unit kesehatan dan rumah sakit lokal sebelum memulai kompetisi.

5. Kecelakan yang tak terhindari
Sedari awal, kompetisi ini memang mengundang banyak perhatian. Dilihat dari sisi lokasi serta pelaksanaan kompetisi yang terbilang membahayakan orang-orang. Beberapa kecelakaan masif pernah terjadi dalam kompetisi ini. Sebut saja beberapa kasus berikut.

Sumber: