Apa efek gerhana matahari pada hewan dan tumbuhan?

Gerhana matahari

Adakah efek gerhana matahari terhadap hewan dan tumbuhan ? Apa hubungan gerhana matahari dengan hewan dan tumbuhan?

Saat gerhana matahari total berlangsung, para peneliti melakukan pengamatan. Ada yang mengamati tumbuhan, ada juga yang mengamati hewan. Saat gerhana matahari, para peneliti meminta masyarakat untuk mengamati hewan peliharaan mereka, terutama anjing dan kucing. Hasilnya, beberapa orang melaporkan bahwa anjing mereka mengalami perubahan sikap, sedangkan kucing tidak terlalu terpengaruh.

Saat gerhana matahari berlangsung, suhu udara turun cukup drastis. Akibatnya, ayam-ayam yang ada di peternakan mulai keluar kandang dan membersihkan badannya. Setelah gerhana matahari selesai, ayam-ayam itu kembali bersembunyi di dalam kandangnya.

Gerhana matahari juga memengaruhi hewan-hewan di alam liar. Menurut para peneliti, para serangga, seperti jangkrink tidak mengeluarkan suara saat gerhana matahari berlangsung. Para burung juga mengubah formasi terbang dan nyanyian mereka.

Ikan-ikan di sungai mencari makan di pagi dan sore hari. Saat gerhana matahari mulai terjadi, ikan besar yang ada di sungai mulai bersifat agresif. Menurut para peneliti, ikan-ikan itu kebingungan kenapa langit menjadi gelap dalam waktu yang cepat.