Apa efek dari sengatan semut api?

Semut adalah salah satu hewan dengan jenis serangga. Banyak sekali jenis-jenis semut yang ada di dunia ini jumlah semut berjumlah hampir sebanyak 12.000 jenis, dengan sebagian besar banyak yang hidup di daerah-daerah tropis.

Berbeda dengan semut pada umumnya, sengatan semut api tidak bisa diremehkan karena dapat menjadi sangat berbahaya terutama bagi mereka yang memiliki alergi terhadap gigitan semut. Sebelum menyengat, semut api akan menggigit permukaan kulit anda dengan kuat agar anda tidak bisa lepas dari genggamannya. Setelah itu semut api akan menyengat anda menggunakan abdomennya dan tak dapat dipercaya bahwa semut api dapat menyengat hingga 10 kali sebelum akhirnya melepaskan diri.

Apa efek dari sengatan semut api?
• 30 menit : Bengkak kecil di titik sengatan
• 1 jam : Bengkak akan berubah menjadi merah muda sedangkan pusat sengatan tetap putih, bengkak belum terlalu menonjol.
• 24 jam : Warna merah semakin membesar dan menyebar dan bengkak semakin menonjol, nanah mulai terbentuk di pusat sengatan.
• 72 jam : Bengkak mencapai ukuran maksimal, warna merah menjadi merah darah dan nanah yang terkumpul menjadi sangat banyak.
• 1 minggu : Di antara hari ketiga hingga ke lima, bengkak tersebut akan pecah dan menciptakan lubang dangkal yang mengeluarkan nanah pada bagian yang tersengat. Pada tahap ini adalah tahap paling rawan karena luka dapat terkena infeksi jika anda tidak menjaga kebersihan luka anda dan tidak merawat luka anda dengan benar.