Apa domain terpenting yang harus diperhatikan Product Manager?


Product management memiliki 3 domain utama, yaitu customer, technology dan business. Apa domain terpenting yang harus dijadikan fokus utama seorang Project Manager agar produknya berhasil?

Jika Anda ingin menjadi manajer produk yang baik, pastikan Anda punya pengetahuan yang cukup tentang domain yang Anda kerjakan

Manajer produk perlu memahami pasarnya dan untuk bisa melakukannya adalah dengan memahami domain. Contohnya, bila Anda mengembangkan sebuah perangkat luna yang akan dipakai kepolisian dalam melacak kasus tapi Anda hanya punya sedikit pengetahuan tentang hukum dan sistem keadilan kriminal, bisa dipastikan Anda akan gagal. Bagaiman Anda bisa memahami kebutuhan pelanggan yang belum terpenuhi jika Anda tidak memahami tujuan dan tugas mereka yang paling mendasar?

Domain pengetahuan memberikan manajer produk informasi untuk membuat keputusan terbaik untuk konsumen, pengguna dan pasar. Sebagaimana yang pernah ditulis Steve Johnson

Domain keahlian membantu manajer produk berhubungan dengan pembeli dan pengguna untuk memahami betul apa yang mereka butuhkan bukan hanya apa yang mereka inginkan. Domain pengetahuan mengarahkan komunikasi pemasaran menjadi efektif dengan pesan yang jelas kepada pelanggan.

Pengalaman memang membantu, tetapi terlalu banyak pengalaman terkadang bertentangan dengan kemampuan manajer produk dalam mendengarkan keinginan konsumen secara obyektif. Tetapi kurang pengalaman bisa menjadi aset jika manajer produk penasaran dan pendengar yang baik.

Manajer produk yang baik harus punya pemahaman yang baik tentang bisnis, domain, industri, dinamika pasar dan perilaku pelanggan. Domain pengetahun membantu, tetapi domain keahlian atau pengalaman tidak selalu dibutuhkan. Manajer produk yang baik akan bisa mempelajari domain baru dengan cepat dan memberikan pandangan bahwa bekerja di domain tertentu bisa saja menggunakan banyak waktu.

Sumber