Apa daya tarik Taman Nasional Gunung Rinjani?

daya tarik taman nasional gunung rinjani
Gunung Rinjani adalah salah satu gunung tertinggi di Indonesia yang terletak di provinsi Nusa Tenggara Barat. Gunung Rinjani memiliki ketinggian mencapai sekitar 3.726 mdpl. Gunung Rinjani selain punya keindahan puncak gunung yang sangat indah ternyata juga mempunyai taman nasional.
Apa daya tarik Taman Nasional Gunung Rinjani?

  • Letak Geografis TNGR
    Keunggulan taman nasional gunung rinjani yang pertama adalah letak geografisnya yang strategis. Letak TNGR sangat strategis yaitu berada di Kabupaten Lombok Barat, Lombok Tengah, dan Lombok Timur Provinsi NTB. Jadi saking luasnya, taman nasional gunung rinjani terbentang di tiga kabupaten loh temen temen, hebat banget ya? Kamu juga nggak bakalan tersesat jika ingin ke TNGR karena disetiap jalan ada papan arah yang menunjukan lokasi TNGR.

  • Keanekaragaman Flora
    Keunggulan TNGR yang selajutnya adalah memiliki keanekaragaman hayati. Taman nasional gunung rinjani memiliki beberapa tumbuhan yang dilindungi. Namanya juga taman nasional pastinya tumbuh tumbuhan tersebut berasal dari dalam negeri dong. Aneka tumbuhan yang tumbuh di taman nasional ini seperti jambu jambuan, beringin, garu, pala hutan, deduren, mimba, bayur, manyering, randu hutan, rotan, dan masih banyak lagi. For your information ya, setiap ketinggian tertentu di taman nasional ini ditumbuhi jenis tumbuhan yang berbeda.

  • Keanekaragaman Fauna
    TNGR tidak hanya memiliki keanearagaman hayati saja gengs, tapi juga mempunyai keanekaragaman fauna yang hidup disana. Hewan hewan yang hidup di taman nasional gunung rinjani didlindungi oleh pemerintah setempat. Jika kamu mendaki Gunung Rinjani kamu akan menemukan beberapa spesies hewan seperti rusa, babi hutan, landak, kijang, monyet, lutung, kelelawar buah, dan masih banyak lagi. Tak jarang, kamu juga akan menemukan banyak binatang buas seperti ular dan harimau. Maka dari itu kalian harus tetep waspada ya.

  • Nilai Sejarah Gunung Rinjani
    Keunggulan taman nasional gunung rinjani yang selanjutnya adalah memiliki nilai sejarah. For your information ya, sebelum dinobatkan menjadi Taman Nasional Gunung Rinjani, hutan ini dulunya adalah suaka margasatwa. Tapi pada tanggal 17 Maret 1990 pemerintah telah memutuskan Suaka Margasatwa Gunung Rinjani diubah menjadi Taman Nasional Gunung Rinjani. Nggak nyangka ya, ternyata taman nasional juga punya sejarah.

  • Taman Nasional Gunung Rinjani 3

  • Taman Nasional Gunung Rinjani 3

  • Objek Wisata Taman Nasional Gunung Rinjani
    Selain kalian bisa melihat aneka satwa dan tumbuhan yang hidup di taman nasional gunung rinjani, kalian juga bisa menikmati obyek wisata lainnya loh gengs. Contoh obyek wisatanya adalah puncak gunung rinjani dan danau segara anakan. Untuk teman teman yang ingin mengunjungi puncak gunung rinjani tentunya harus menyiapkan tenaga yang besar karena jaraknya sangat jauh dan tidak hanya bisa dilalui dengan jalan kaki. Jika kalian mendaki gunung rinjani, bisa dipastikan kalian akan menemukan pemandangan yang sangat indah yaitu danau segara anakan. Kalian bisa bermain air disekitar pinggir danau hingga berenang di dalamnya loh.