Apa dan dimana letak bintang terbesar di alam semesta ?

Terdapat banyak bintang di alam semesta, apa dan dimana bintang tebesar di alam semesta?

Bintang terbesar di alam semesta


Matahari ialah bintang terbesar yang ada dilangit karena jaraknya yang paling dekat dengan Bumi. Dalam skala bintang Matahari sebenarnya berukuran rata-rata seperti bintang umumnya. Setengah bintang-bintang yang telah diketahui memiliki ukurang yang lebih besar dibanding Matahari, dan setengahnya lebih kecil. Bintang terbesar yang berhasil ditemukan di alam semesta ialah UY Scuti, diklasifikasikan sebagaiHypergiant dengan radius berkisar 1.700 kali lebih besar dari Matahari. UY Scuti bukanlah satu-satunya bintang yang lebih besar dari Matahari.

Bintang terbesar dari segala bintang


Pada tahun 1860, seorang ahli astronomi Jerman di Bonn Observatory pertama kali mengidentifikasi UY Scuti dan menamakannya dengan BD-12 5055. Pada identifikasi kedua para ahli astronomi menyadari bahwa UY Scuti memiliki ukuran yang lebih besar dan memancarkan cahaya yang lebih terang, namun redup setelah 740 hari pengamatan. Hal ini membuat ahli astronomi mengklasifikasikan UY Scuti sebagai variabel bintang. UY Scuti terletak didekat titik pusat galaksi Bima Sakti, dengan jarak 9.500 tahun cahaya.

Berada di Konstelasi Scutum, dan diklasifikasikan sebagai Hypergiant. Pengklasifikasian Hypergiant ada setelah Supergiant, yang berarti bahwa Hypergiant lebih besar dari Supergiant. Hypergiant merupakan bintang langka yang bersinar paling terang. Hypergiant kehilangan banyak massanya karena cepatnya pergerakan angin bintang. Tentu saja perkiraan ini diukur dari pengukuran jarak jauh.

“Kerumitan dalam mengukur sebuah bintang ialah, bintang memiliki tepi yang menyebar”. Kata seorang ahli astronomi bernama Jilian Scudder dari Universitas Sussex. Dia juga berkata “Kebanyakan bintang tidak memiliki permukaan keras sebagai pemisah yang nyata antara bintang dengan pancaran cahayanya untuk mempermudah pengamatan ukurannya”.

Alih-alih mengandalkan lapisan photosphere sebagai objek pengukuran. Para ahli astronomi justru menggunakan photons yaitu partikel cahaya yang dapat lepas dari bintang.

Sebagai sebuah perbandingan, jika UY Scuti menggantikan matahari di tata surya kita maka lapisan photospherenya dapat mencapai bahkan melebihi orbit planet Jupiter. Nebula yang menelimuti tata surya akan menjauh hingga melampaui orbit Pluto hingga berjarak 400 kali jarak bumi dengan Matahari.

Jadi bintang terbesar yang sudah diketahui oleh astronomi ialah UY Scuti dan terletak didekat pusat galaksi Bima Sakti. Berikut ini ilustrasi galaksi Bima Sakti

1 Like