Apa dampak negatif dari berpikir secara computational thinking setiap saat?

berpikir komputasi

Computational thinking adalah suatu proses yang dilakukan oleh seseorang untuk menyelesaikan suatu masalah kompleks secara efektif dan eifisien. Namun bila setiap saat kita berpikir secara computational thinking maka apa yang akan terjadi pada sifat-sifat pada orang yang setiap saat melakukan computational thinking secara terus menerus?

Computational thinking adalah suatu proses yang sangat penting di zaman ini. Semua orang pada zaman ini dituntut untuk bisa berpikir secara computational thinking. Namun setiap ada dampak positif pasti ada dampak negatif, beberapa dampak negatif yang timbul dari berpikir secara computational thinking secara terus menerus :

  1. Menghilangkan sifat kreatif dikarenakan setiap kali melakukan computational thinking kita selalu dituntut untuk berpikir secara logis. Karena hal ini proses kreatif kita akan terhalang

  2. Menghilangkan sifat inovatif dikarenakan setiap kali melakukan computational thinking kita hanya dituntut untuk memberikan sebuah solusi tanpa melakukan proses pembuatan

  3. Membuat sifat tidak percaya diri karena setiap proses computational thinking harus memiliki tujuan yang pasti, sehingga membuat orang yang sering melakukan pemikiran secara computational thinking takut dalam mengambil keputusan yang tidak pasti

Beberapa sifat tersebut dapat timbul ketika seseorang melakukan proses computational thinking di setiap kegiatan. Seperti kata pepatah “Sesuatu yang berlebih-lebihan tidak baik”. Meskipun sebutuh-butuhnya proses computational thinking tapi jika dilakukan secara berlebihan akan menimbulkan sesuatu yang tidak baik

d

Menurut saya computational thinking tidak memiliki dampak negatif. Malahan computational thinking sangat membantu dalam kehidupan, terutama dalam menyelesaikan suatu masalah yang besar. Dengan computational thinking kita bisa menyelesaikan suatu masalah dengan lebih efektif dan efisien. Dan dengan computational thinking bisa membuat kita berfikir lebih kreatif karena dalam melakukan dekomposisi di dalam computational thinking kita harus membagi masalah besar menjadi bagian yang lebih kecil, dan hal tersebut membutuhkan cara piker yang kreatif.

Computational thinking juga membuat hidup lebih teratur karena kita berpikir secara step by step. Namun mungkin pada awal kita menerapkan computational thinking kita mungkin akan merasa berat, tapi lama-kelamaan kita akan terbiasa. Maka dari itu computational thinking menurut saya tidak memiliki dampak negatif namun malah memberikan banyak dampak positif untuk kita.

Kemajuan teknologi yang pesat dan tidak dapat dihindari menjadikan kemampuan berfikir secara komputasional menjadi hal yang fundamental saat ini. Kemampuan berfikir secara komputasional mempu menyelesaikan masalah kompleks yang ada. Kemampuan tersebut diadaptasi dari kemampuan computer dalam menyelesaikan problem secara logis.

Computation thinking memang dibutuhkan dalam beberapa aspek, namun kita tidak perlu selalu menggunakan pendekatan komputasi untuk setiap permasalahan. Computational thinking mendorong manusia untuk menganalisis masalah, berfikir logis, dan taktis selayaknya computer, hal tersebut sebenarnya baik. Namun, berfikir komputasional hanya mengembangkan kemampuan berlogika tanpa mengembangkan kreatifitas, disinilah kekurangannya. Kreatifitas akan sulit berkembang saat seseorang terus menerus menggunakan logika.

Manusia tidak bisa berfikir secara komputasional setiap saat layaknya sebuah computer, computer ada untuk menyelesaikan permasalahan secara individu tanpa butuh bantuan computer lain, namun berbeda dengan manusia yang merupakan makhluk social. Kesimpulannya computiational thinking itu baik namun tidak harus dilakukan setiap saat.

Perkembangan era globalisasi pada saat ini memang tidak bisa untuk di bantahkan lagi. Dengan semakin berkembangnya zaman pola berpikir manusia pasti juga banyak mengalami kemajuan dan perkembangan dengan pesat. Dengan begitu banyaknya masalah yang semakin sulit untuk diselesaikan pada saat ini manusia masti memiliki cara berpikir seperti halnya cara kerja komputer atau yang sering kita sebut dengan computational thinking. Pada saat ini computational thinking memang sangat memiliki banyak manfaat dan berdampak positif untuk kita dalam menyelesaikan suatu masalah yang kompleks. Namun, di dalam sebuah dampak positif pasti juga terdapat beberapa dampak negatif.

Beberapa dampak negatif dari Computational thinking adalah, mejadikan manusia untuk selalu terbiasa berpikir dengan logis dan berpikir selayaknya komputer dalam menyelesaikan suatu masalah. Padahal tidak semua masalah harus diselesaikan dengan cara tersebut. Kita pun bisa menyelesaikan suatu masalah hanya dengan cara yang kreatif.