Apa dampak Menerobos lampu merah?


menerobos lampu merah merupakan perilaku yang berbahaya, banyak sekali dampak yang dapat ditimbulkan dari menerobos lampu merah ini. hal ini terjadi karena kesadaran masyarakat yang kurang akan keselamatan bagi dirinya?

  • Membahayakan diri
    Ketika melanggar lampu lalu lintas dengan nekat menerobos lampu merah, seorang pengendara biasanya menambah laju kecepatan agar ‘selamat’ dari kendaraan yang datang dari arah berlawanan. Dalam keadaan demikian, ia sangat membahayakan diri sendiri sebab jika pengendara dari arah lain tiba-tiba melintas, ia memiliki sangat sedikit waktu untuk menginjak rem. Kecelakaan pada akhirnya tidak terhindarkan baik karena terlambat menginjak rem ataupun karena bertabrakan dengan kendaraan dari arah lain.

  • Membahayakan orang Lain
    Selain membahayakan diri sendiri, melanggar lampu lalu lintas juga membahayakan orang lain mulai dari pengendara yang datang dari arah lain, pejalan kaki di sekitarnya ataupun lapak-lapak kaki lima yang mangkal di sekitar lokasi.

  • Terkena Tilang (Bukti Pelanggaran)
    Akibat yang paling sering terjadi adalah terkena sanksi atau tilang (bukti pelanggaran) jika kedapatan polisi yang sedang bertugas atau tengah berjaga di salah satu Pos Polisi Lalu Lintas.