Apa dampak jika memencet atau menekan jerawat?

Jerawat merupakan salah satu gangguan dan juga masalah kulit, terutama pada kulit wajah yang pastinya dihindari oleh sebagian orang terutama bagi para wanita remaja dan mereka yang mementingkan penampilan serta kesehatan wajah.

Jerawat memang seharusnya diobati dengan cara menggunakan obat – obatan tertentu atau dengan cara membiarkannya agar sembuh secara alamiah. Memencet jerawat amat sangat tidak disarankan karena malahan akan menyebabkan banyak efek buruk dan negative bagi tubuh kita. Selain itu memencet jerawat juga dinilai secara medis dapat berbahaya. Lalu apa saja bahaya dari kegiatan memencet jerawat? Berikut ini adalah beberapa penjelasan mengenai mengapa memncet jerawat itu berbahaya :

  1. Iritasi
    memencet-jerawt
    Bahaya dari kebiasaan dalam memencet jerawat anda adalah bahwa kebiasaan ini dapat menimbulkan iritasi bagu kulit anda, terutama kulit wajah. Iritasi ini dapat menyebabkan banyak efek negative dan efek buruk lainnya. Berikut ini adalah beberapa efek negative yang disebabkan oleh iritasi karena memencet jerawat :
  • Luka pada kulit
  • Kulit terasa gatal
  • Kulit memerah
  • Rasa perih pada bagian jerawat
    Munculnya iritasi ini disebabkan karena kuman dan bakteri yang ada di dalam jerawat pada akhirnya keluar karena dipencet, dan keluarnya kuman atau bakteri ini malahan akan menimbulkan iritasi pada wajah.
  1. Infeksi
    Bagi anda yang mengalami jerawat dan juga masalah dengan sistem pembekuan daarah, ataupun bagi anda yang kekurangan asupan zat besi dan vitamin, kegiatan memencet jerawat ini akan sangat rentan tejadi infeksi pada bagan wajah anda yang mengalami jerawat.
    Setelah dipencet, mungkin jerawat akan hilang dan mengempes, namun ternyata, setelah jerawat dirasa sudah hilang dan mengempes, malahan akan timbul masalah baru, yaitu kemungkinan munculnya infeksi pada bagian wajah yang jerawatnya anda pencet sebelumnya. Infeksi ini dapat menyebabkan kuman menjadi berkembang biak lebih cepat, dan bahkan bisa masuk ke dalam tubuh anda melalu pori – pori kulit dan menimbulkan berbagai macam gangguan kesehatan pada tubuh anda.

  2. Kemunculan jerawat yang bertambah parah
    Sama seperti infeksi, ketika anda memencet jerawat di wajah anda, maka kuman – kuman dan juga bakteri yang berasal dari jerawat anda yang sudah dipencet dan dirasa hilang akan menyebar ke area sekitar wah anda. hal ini malahan akan memperburuk keadaan jerawat pada wajah anda. hal ini akan menyebabkan kemunculan jerawat lainnya pada bagian wajah anda, yang disebabkan oleh keluarnya bakteri dan kuman, yang menyebar ke bagian – bagian lain dari wajah anda.