Apa dampak dari terjadinya inflasi di suatu negara ?

image
Ekonomi makro atau makroekonomi adalah studi tentang ekonomi secara keseluruhan. Makroekonomi menjelaskan perubahan ekonomi yang mempengaruhi banyak masyakarakat, perusahaan, dan pasar.

Secara umum, inflasi dapat mengakibatkan berkurangnya investasi di suatu negara, mendorong kenaikan suku bunga, mendorong penanaman modal yang bersifat spekulatif, kegagalan pelaksanaan pembangunan, ketidakstabilan ekonomi, defisit neraca pembayaran, dan merosotnya tingkat kehidupan dan kesejahteraan masyarakat

Referensi

Eka Fassarozi: SOAL dan JAWABAN EKONOMI MAKRO

Inflasi dapat diartikan sebagai meningkatnya harga secara umum dan terus menerus. Namun, kenaikan satu atau dua barang saja belum bisa disebut inflasi kecuali kenaikan tersebut meluas kepada sebagian besar harga barang lain.
Menurut Nanga (2005:247), inflasi dapat dibagi menjadi empat kategori berdasarkan besarnya laju inflasi yaitu sebagai berikut :

  1. Inflasi ringan, inflasi ini belum mengganggu keadaan ekonomi karena nilainya masih di bawah 10% per tahun.
  2. Inflasi sedang, inflasi berkisar 10%-30% ini belum membahayakan namun dapat menurunkan kesejahteraan masyarakat yang mempunyai pendapatan tetap.
  3. Inflasi berat, inflasi berkisar 30%-100% per tahun ini sudah mengacaukan kondisi perekonomian. Orang cenderung menyimpan barang. Minat menabung juga rendah karena bunga bank lebih rendah dari laju inflasi.
  4. Hyperinflasi, inflasi diatas 100% per tahun ini sudah mengacaukan perekonomian dan susah dikendalikan meskipun dengan tindakan moneter maupun fiskal.

Dampak dari adanya inflasi bisa menyebabkan menurunnya daya beli masyarakat karena nilai riil pada mata uang mengalami penurunan. Namun ketika inflasi berubah menjadi parah (hiperinflasi), maka bisa menyebabkan perekonomian menjadi lesu, kacau, harga barang domestik lebih mahal dari impor, kurang semangat menabung dan investasi, serta kurang semangat memproduksi karena harga meningkat dengan cepat.

Dampak positif yaitu ketika inflasi masih berada di tahap ringan yaitu bisa meningkatkan pendapatan nasional, pengusaha bisa meningkatkan produksinya hingga tersedianya lapangan kerja baru, serta meningkatkan minat masyarakat dalam menabung dan investasi.

Referensi

Yulianti, Rahmah dan Khairuna. 2019. Pengaruh Inflasi Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Provinsi Aceh Periode 2015-2018 dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Akuntansi Muhammadiyah, 9 (2), 113-123

Ningsih, Desrini dan Puti Andiny. 2018. Analisis Pengaruh Inflasi dan Pertumbuhan Ekonomi Terhadap Kemiskinan di Indonesia. Jurnal Samudra Ekonomika, 2 (1), 53-61

Efek Inflasi Tinggi

Konsekuensi nyata dari inflasi yang tinggi adalah semakin mempersulit orang untuk membeli kebutuhan dasar seperti baterai dan bola lampu. Hal ini menyebabkan keluarga berjuang karena mereka berusaha untuk mengikuti harga segala sesuatu mulai dari cornflake hingga biaya kuliah.

Bergerak melampaui efek dasar inflasi, ada dua efek utama inflasi lainnya.

  1. Kehilangan daya beli: Efek inflasi pada penabung dan investor adalah mereka kehilangan daya beli. Apakah Anda telah mengubur uang Anda dalam kaleng kopi di halaman belakang atau itu duduk di bank teraman di dunia, itu menjadi kurang berharga dengan berlalunya waktu. Ini dapat menciptakan insentif untuk membelanjakan uang atau, di bawah kondisi yang salah, disinsentif untuk menginvestasikan uang dalam hal-hal yang seharusnya baik bagi peradaban dalam jangka panjang.
  2. Dampak bagi pembayar dan penerima dalam jumlah tetap: Pengaruh inflasi terhadap debitur adalah positif karena debitur dapat membayar utangnya dengan uang yang kurang berharga. Misalnya, jika Anda berutang $ 100.000 dengan bunga 5%, tetapi inflasi tiba-tiba melonjak menjadi 20% per tahun, Anda secara efektif melihat 15% dari hutang Anda dilunasi setiap tahun.

Kedua hal ini dapat mengganggu banyak mekanisme dalam perekonomian. Hilangnya daya beli dapat menyebabkan penurunan pengeluaran oleh konsumen. Jika konsumen membelanjakan lebih sedikit, perusahaan akan menderita kehilangan pendapatan. Selain itu, perusahaan mungkin menderita karena biaya barang dan jasa yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis mereka meningkat. Ketika itu meningkat, mereka ditempatkan pada posisi perlu menaikkan harga mereka. Jika pendapatan mereka telah terkena dampak dari penurunan pengeluaran, menaikkan harga hanya akan memperburuk masalah.Jika perusahaan berjuang, mereka akan memotong upah dan/atau jumlah orang yang mereka pekerjakan. Akibatnya, pengangguran bisa meningkat.

Pengaruh Inflasi Rendah

Dengan banyaknya dampak negatif akibat inflasi yang tinggi, tidak serta merta berarti bahwa inflasi yang rendah berdampak positif bagi suatu perekonomian. Inflasi yang rendah dapat memiliki sejumlah efek negatif pada perekonomian.

  • Sinyal kelemahan ekonomi: Kurangnya inflasi mungkin disebabkan oleh kurangnya permintaan barang dan jasa. Ketika permintaan kurang, tidak ada tekanan untuk menaikkan harga. Permintaan yang lemah dapat memperlambat pertumbuhan dan menekan upah, yang selanjutnya memperburuk dampak inflasi yang rendah. Hal ini dapat mengakibatkan lingkaran umpan balik ekonomi yang berbahaya.
  • Membatasi dampak kebijakan moneter: Selama penurunan atau perlambatan ekonomi, salah satu tuas yang ditarik bank sentral untuk memulai ekonomi adalah menurunkan suku bunga melalui kebijakan moneter . Jika inflasi rendah, tingkat kemungkinan sudah rendah. Jika suku bunga rendah, bank sentral tidak dapat membuat dampak besar melalui penurunan suku bunga.
  • Buffer untuk deflasi kecil: Ketika inflasi rendah, itu berarti tidak hanya mendekati nol, tetapi juga mendekati negatif. Inflasi yang menjadi negatif disebut deflasi dan deflasi adalah keadaan yang tidak diinginkan oleh perekonomian. Deflasi menghasilkan kepercayaan konsumen yang rendah dan penurunan permintaan, harga, upah, dan banyak lagi.
  • Memberi tekanan pada sistem keuangan: Sistem keuangan yang berfungsi adalah tulang punggung ekonomi yang berfungsi. Bayangkan Anda adalah bank dan menghasilkan uang dari selisih antara biaya pinjaman dan pendapatan dari meminjamkan uang. Ketika inflasi rendah, spread itu turun, yang berarti margin keuntungan menurun, bahkan mungkin negatif. Ketika ini terjadi, uang bisa mengencang karena pemberi pinjaman menjadi lebih khawatir untuk meminjamkan.

Sumber : Inflation's Effect on the Economy and You